Iklan

Menjelang 52 tahun


52tahun

Menjelang 52 tahun alhamdulillah masih sehat dan segar. Kondisi fisik memang menurun dibanding saat muda. Tapi penurunan itu biasanya terjadi karena kita kurang latihan.

Sebagai contoh, waktu muda saya kuat lari sejauh 5 kilometer tanpa henti dalam waktu 30 menit. Cuma karena 30 tahun lebih tidak lari pagi, sempat lari 200 meter saja sudah harus berhenti di usia 50-an. Tapi saya coba latihan lari pagi lagi sekitar 2-3 km sehari, alhamdulillah jarak tempuh bertambah dari 500 meter jadi 1400 meter sebelum akhirnya berhenti karena lelah. Jika lari pagi ini bisa rutin 2-3 kali seminggu, insya Allah bisa tambah baik.

Perdana Menteri Malaysia, Dr Mahathir Muhammad yang berusia 93 tahun menyatakan, otak dan otot itu jika tidak dilatih, lama-lama akan hilang kemampuannya. Otak jadi pelupa dan pikun. Otot juga begitu. Jangankan mengangkat benda berat. Mengangkat diri sendiri atau berjalan saja bisa payah.

Alhamdulillah dapat ilmu lewat perantaraan guru fitness shg tahu cara melakukannya dan guru bekam sehingga otot2 yg kaku dan kebas bisa pulih kembali.

Jika tidak olahraga, lama-lama otot tubuh akan mengecil. Lebar bahu menyempit. Massa otot berkurang. Jadi harus berolahraga.

Sebaliknya kadang otot kaki terlalu kencang atau tegang. Telapak tangan kaku dan kebas. Leher dan bahu pegal. Kadang pusing. Saat begini, kondisi tubuh kita bisa menurun. Alhamdulillah dengan bekam, bahu dan leher yang pegal atau kaku bisa jadi enteng atau ringan kembali. Pegal hilang. Telapak tangan yang kebas pun jika dibekam, bisa normal kembali.

Sehat itu adalah nikmat kedua setelah Iman. Jika kita sehat, ibadah juga jadi lebih nyaman.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: