Iklan

Olahraga untuk Menjaga Kesehatan


Fitnes2

Olahraga penting untuk menjaga kesehatan. Olahraga membuat tubuh kita jadi lebih kuat dan segar. Dengan berolahraga, karbohidrat dan lemak jadi terbakar untuk sumber energi kita. Sehingga tidak menumpuk jadi gula/diabetes dan kolesterol.

Banyak orang yang usianya sudah 40 tahun lebih jadi malas untuk berolahraga. Dianggap tidak penting. Padahal sehat itu satu nikmat yang amat berharga.

Pergi ke tempat Fitness Centre juga bagus. Di sana ada pelatih yang bisa melatih kita agar bisa melakukan olahraga dengan baik dan benar. Misalnya kapan kita harus menarik nafas dan mengeluarkan nafas, ini diajarkan. Begitu pula posisi badan agar tidak bungkuk atau cedera.

Fitnes1

Dalam berolahraga, angkat yang ringan terlebih dahulu sehingga kita bisa melakukan 20 repetisi atau ulangan. 30% dari kemampuan maksimal kita. Ini agar otot kita tidak kaget dan kejang. Setelah itu pada set berikutnya bisa ditambah seberat 2,5 kg. Minimal 10 x repetisi. Lakukan sebanyak 5-8 set untuk setiap gerakan.

Biasanya diawali dengan sepeda stasioner barang 15 menit. Kemudian sit-up. Lalu squat. Kemudian bench press, pull down, rowing, dan butter fly.

Olahraga harus melibatkan otot tangan, kaki, dan perut. Jadi seimbang semua. Jangan tangannya besar dan kuat, tapi kakinya kecil dan lemah.

Banyak orang yang sakit darah tinggi, jantung, stroke, diabetes, dsb karena mereka tidak pernah berolahraga. Kadang kerja keras dianggap cukup. Padahal dalam olahraga, nafas itu teratur. Berirama. Tidak asal-asalan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: