Iklan

Kepedulian Sosial Dalam Islam


Kepedulian Sosial
Islam mengajarkan kita untuk peduli pada sesama. Bukan cuma Hablum Minallahu atau hubungan dengan Allah yang harus baik, Hablum Minannas atau hubungan dengan manusia juga harus baik. Ibadah seperti Zakat dan perintah untuk bersedekah adalah bukti Islam mengajarkan kita untuk peduli terhadap sesama.
Dalam surat Al Maa’uun disebut bahwa pendusta agama adalah orang yang tidak peduli pada anak yatim dan tidak mau menganjurkan dan memberi makan orang-orang miskin. Orang yang sholat juga celaka jika sholatnya itu cuma pamer dan enggan menolong orang dengan barang-barang yang bermanfaat.
Surat Al Maa’uun

Artinya
Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?
Itulah orang yang menghardik anak yatim,
Dan tidak menganjurkan memberi Makan orang miskin.
Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat,
(yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya,
Orang-orang yang berbuat riya.
dan enggan (menolong dengan) barang berguna
Saat kita sholat kita menengok ke kanan dan ke kiri sambil mengucapkan: “Assalamu’alaikum wa rohmatullah”. Semoga Allah melimpahkan keselamatan dan rahmatNya untuk kalian. Ini adalah bukti bahwa Islam mengajarkan kita untuk peduli sesama. Bahkan di waktu kita sholat.
Di Al Qur’an disebut bahwa orang-orang yang
الَّذِينَ يُنفِقُونَ فِي السَّرَّاء وَالضَّرَّاء وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ
“Orang-orang yang menafkahkan hartanya, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Ali Imron [3]: 134).
Rasulullah mengecam umat Islam yang tidak peduli nasib saudara seiman.

Barangsiapa yang tidak peduli urusan kaum Muslimin, Maka Dia bukan golongan Muslim.” (HR Thabrani, Hakim, dan Abu Daud).
Orang yang peduli dengan sesama, kelak akan mendapat balasan dari Allah di akhirat nanti:
Dari Abu Said Al-Khudry Ra bahwa Nabi SAW bersabda: “Siapa saja orang islam yang memberi pakaian orang Islam yang tidak memiliki pakaian, niscaya Allah akan memberinya pakaian dari hijaunya surga; dan siapa saja orang Islam yang memberi makan orang Islam yang kelaparan, niscaya Allah akan memberinya makanan dari buah-buahan surga; dan siapa saja orang Islam yang memberi minum orang Islam yang kehausan, niscaya Allah akan memberinya minuman dari minuman suci yang tertutup.” Diriwayatkan oleh Abu Dawud

“Abu Hurairah berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa melepaskan seorang muslim dari satu kesusahan dari sebagian kesusahan dunia, niscaya Allah akan melepaskan kesusahannya dari sebagian kesusahan hari kiamat, dan barangsiapa memberi kelonggaran dari orang yang susah, niscaya Allah akan memberi kelonggaran baginya di dunia dan akhirat, dan barang siapa menutupi aib seorang muslim, niscaya Allah akan menutupi aib dia didunia dan akhirat, Allah akan senantiasa menolong seorang hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya.” [HR Muslim]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: