Iklan

Menjaga Kesehatan dengan Bekam dan Olahraga


HIDUPSEHAT

Saat ini banyak orang yang masih muda, namun sakit-sakitan dan lemah. Ada orang yang umur 51 tahun sudah nyaris tidak bisa jalan sendiri. Takut jatuh atau pingsan karena pandangannya miring. Vertigo kata dokter yang memeriksanya. Ada juga pemuda yang usianya masih 35 tahun tapi sering tak masuk kerja karena sakit. Seperti mau lumpuh, katanya. Ada juga yang umur 21 tahun tekanan darahnya sudah 190. Sudah pegal-pegal dan pusing.

Penyebab semua itu macam-macam. Dari pola makan yang tidak halalan thoyyiban, pola hidup, hingga fikiran. Makan harus teratur, cukup, seimbang dan bergizi. Perbanyak sayur dan buah-buahan soalnya biasanya porsinya kurang. Jika diabetes, kurangi nasi putih, gula putih, dan roti putih. Coba pakai beras merah atau beras hitam. Hindari makanan supermarket yang kemasannya awet selama bertahun-tahun karena pakai pengawet kimia. Rasanya pakai perisa kimia. Warnanya pakai pewarna kimia. Hindari ini.

Olahraga harus teratur. Paling tidak jalan pagi atau lari pagi selama 30-60 menit setiap hari. 5 kali dalam seminggu. Saat olahraga nafas diatur. Tarik nafas selama 3-5 detik sehingga minimal 80% dari kapasitas, dan keluarkan dalam waktu 5-7 detik. Beda antara kerja dengan olahraga adalah kalau kerja nafasnya asal-asalan. Tidak teratur. Sementara saat olahraga, nafas teratur. Berirama. Banyak orang yang karena sudah capek kerja, akhirnya malas berolahraga dgn alasan sudah kerja. Padahal beda.

Nabi Muhammad SAW hingga umur 60-an masih sehat. Kuat berjalan jauh untuk perang. Ini karena beliau selain makanannya Halalan Thoyyiban, fikiran tenang karena suka berzikir dan berdoa pada Allah, beliau juga rutin bekam dengan teratur. Sehingga darah beliau senantiasa segar dan baru.

Kalau kita sakit, darah kita diperiksa oleh Rumah Sakit bukan? Oh ini Kolesterolnya tinggi, Trigliserida tinggi, Asam Urat tinggi, dll. Bekam cuma mengeluarkan “darah kotor” tersebut yang biasanya hitam dan menggumpal sehingga tidak membuat kita pusing, vertigo, migraine, pegal, dan sebagainya. Dalam 3 hari, tubuh kita memproduksi darah baru yang segar.

Alhamdulillah dalam usia 50 tahun ini saya relatif sehat. Masih kuat situp, pull up, push up, dan lari. Ini selain berusaha menjaga makanan (meski masih doyan bakso, mie ayam, nasi goreng, dsb) dan berolahraga, saya juga rutin bekam 1-2 bulan sekali. Jika agak telat, badan tidak nyaman juga rasanya. Pegal dan penuh rasanya kepala.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: