Iklan

Hati-hati Memilih Biro Umrah dan Haji


Bambang Do Wang

Ada yang inbox saya mau umrah Ramadhan, tapi tertipu. Padahal di situ ada ustad MB yang pernah memberi ceramah di kantor saya 10 tahun lalu. Cuma setelah itu tak ada kontak lagi.
Tidak nyangka juga sih kok bisa begitu.

Jadi yang mau umrah / haji harus hati2. Perhatikan track record Biro Umrah / Hajinya itu sudah biasa memberangkatkan jemaah apa belum? Jangan terpaku pada figur. Bisa saja dia itu selebriti atau ustad terkenal, tapi manajemen Biro Umrah / Hajinya dodol.

Jangan terpaku pada harga termurah. Ini identik dgn pelayanan. Khawatirnya nanti tiket pesawat dan hotel di sana tidak terbeli dan anda terlantar. Bisa juga memang ada penipu dan memasang harga termurah, misalnya cuma 70% dari harga yang paling murah agar bisa orang2 tertarik. Dia tahu dgn uang sebesar itu, tak mungkin dia bisa memberangkatkan orang untuk umroh/haji.

Saya pribadi ada mengenal beberapa biro Umrah dan Haji yg memang biasa memberangkatkan orang haji/umrah. Biayanya ada yang menengah / sedang. Ada juga yang mahal. Tergantung hotelnya bintang berapa. Meski saya merekomendasikan yang menengah saja.

Karena saya pernah merekomendasikan ustad ini karena ceramahnya 10 tahun lalu bagus di satu website, khawatirnya saya dikira temannya. Padahal cuma sekali itu saya mengundang ustad X ini ceramah berdasar referensi dari guru saya. Ceramah bagus, kelakuan belum tentu…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: