Iklan

Saat Pembaca Blog Meningkat Pesat


blog hit

Dalam membuat blog / tulisan, banyak kejadian tidak terkira terjadi. Ada website yang diperkirakan sukses seperti http://www.media-islam.or.id, meski sempat sukses, ternyata kemudian kinerjanya menurun. Meski ada seseorang yang bilang memang website tsb disabotase karena ada kelompok tertentu yang tidak suka dengan isi posting di Media Islam. Tapi alhamdulillah tulisan seperti “Sifat 20: Sifat Allah yang Penting dan Wajib Kita Ketahui” telah dibaca sebanyak 119.577x. Insya Allah bermanfaat:

http://media-islam.or.id/2009/11/08/sifat-20-allah-yang-penting-dan-wajib-kita-ketahui/

Meski demikian, ada juga blog yang maju meski pakai domain gratisan seperti wordpress.com dan blogspot.com sehingga mengungguli website Media Islam. Ini semua terjadi begitu saja.

Ada teman yang bertanya bagaimana ya caranya agar tulisan kita mendapat like sebanyak 5000 di FB? Saya tak tahu caranya. Yang saya tahu, buat tulisan sebaik mungkin dan jika bisa bermanfaat. Memberi pencerahan. Alhamdulillah tulisan ini dilhat lebih dari 100.000 kali dan mendapat 16K+ (lebih dari 16.000) like di FB:

http://kabarislam.wordpress.com/2013/04/09/buat-para-penggemar-berita-arrahmah-com-dan-voa-islam-com

Meski akhirnya website Kabar Islam akhirnya sempat disuspend oleh WordPress. Untung ada yang membantu hingga bisa kembali.

Yang berikutnya adalah tulisan Bahaya Mie Instant: Usus Dipotong dan Kanker yang dibaca sebanyak 374.734 x per 11 Januari 2014 dengan 70.000 FB Like. Lumayan untuk sebuah tulisan di blog biasa:

Statistik Posting 2

http://infoindonesiakita.com/2009/08/21/bahaya-mie-instant/

blog hit 2Lagi-lagi ini tidak disangka. Sebab tahun 2009 saat tulisan dibuat hanya dibaca 4.238 x. Sementara tahun 1010 hanya 15.338x. Namun mulai akhir Desember 2013, tiba-tiba pembacanya melonjak hingga per 11 Januari 2013 saja sudah 205.179x baca selama 11 hari di bulan Januari 2014. Apa sebabnya? Tak lepas dari takdir Allah. Kita sekedar berusaha yang terbaik.

Lihat bagaimana grafik statistik pengunjungnya meningkat drastis!

Statistik Posting 3

Sebaliknya website Media-Islam.or.id setelah seorang Netter menginformasikan kepada saya bahwa situs Media-Islam akan dimatikan, ternyata benar. Pengunjungnya turun dari 165 ribu/bulan jadi 19.000/bulan:

Statistik Turun

Ah masak sih website Islam disabotase?

Saya yakin disabotase, karena website Media Islam dgn keyword di google.com: bukti tuhan itu ada saja sudah menempati urutan pertama. Sekarang dengan kalimat yang hanya ada di artikel Bukti Tuhan itu ada seperti: “Beriman bahwa Tuhan itu ada adalah iman yang paling utama”, menempati halaman 5 pun tidak. Sebaliknya yang muncul adalah blog yang mencopy-paste tulian Media Islam:

Statistik Beriman

Ini tulisan aslinya:

http://media-islam.or.id/2007/09/06/bukti-tuhan-itu-ada/

Sekarang keyword bukti tuhan itu ada didominasi oleh website Kristen.

Dari sisi materi, mungkin tidak seberapa. Setengah gaji UMR pun tidak dapat. Tapi mudah2an saja bermanfaat dan ini memberi kepuasan tersendiri. Apalagi melihat pembacanya selain di dalam negeri, ada juga dari luar negeri untuk blog / tulisan yang saya buat dalam bahasa Inggris:

https://agusnizami.wordpress.com/2013/09/07/pengunjung-situs-muslim-journalist-melonjak-hingga-9-300-hari/

Alhamdulillah. Ini tak lepas dari nikmat yang telah Allah berikan. Semoga tetap diberi kekuatan dan kesabaran untuk itu. Aamiin….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: