Iklan

Adab Makan dan Minum Menurut Islam


Makan dan minumlah secukupnya. Jangan berlebihan:

“…Makan dan minumlah dan janganlah berlebih-lebihan…” [Al A’raaf 31]

Jangan makan terlalu banyak:

Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Makanan dua orang itu cukup untuk tiga orang dan makanan tiga orang cukup untuk empat orang. (Shahih Muslim No.3835)

Hadis riwayat Ibnu Umar ra.:

Dari Nabi saw., beliau bersabda: Orang kafir itu makan dalam tujuh usus sedangkan orang mukmin makan dalam satu usus. (Shahih Muslim No.3839)

Sebaiknya kunyah dulu makanan di mulut sebanyak 33x sehingga lunak dan mendapat tambahan ensim serta siap dicerna oleh usus kita, baru ditelan. Jangan langsung ditelan.

Dari Aisyah radhiallahu ‘anha, katanya: “Rasulullah s.a.w. bersabda: “Apabila seorang dari engkau semua makan, maka hendaklah menyebutkan nama Allah Ta’ala -yakni mengucapkan Bismillah-. Jikalau ia terlupa menyebutkan nama Allah Ta’ala pada permulaan makannya itu, maka hendaklah mengucapkan: “Bismillahi awwalahu wa akhirahu,” artinya: Dengan nama Allah pada permulaan -makan- dan pada penghabisannya. Diriwayatkan oleh Imam-imam Abu Dawud dari Tirmidzi

Dari ‘Amr bin Abu Salamah radhiallahu ‘anhuma, katanya: “Rasulullah s.a.w. bersabda kepadaku: “Ucapkanlah Bismillah dan makanlah dengan tangan kananmu serta makanlah dari makanan yang ada di dekatmu.” (Muttafaq ‘alaih)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: