Pengalaman Pakai DVD Player Indonesia Polytron 2165


Kebetulan DVD Player sudah lama rusak. Padahal merknya terkenal: Phillips. Sekitar 2 tahun, jebol dengan pesan “No Disk”. Sebelumnya DVD Cina, Briston, juga jebol dalam waktu 1-2 tahun.

Nah 2 Juli lalu, coba-coba cari DVD yang murah, tapi juga bagus dan bisa pakai USB Flash Disk. Alasannya kalau DVD readernya rusak / “No Disk”, bisa pakai USB.

Alternatif merk didapat dari Phillips, Samsung, Vitron, LG, dan Polytron. Di satu super market ada beberapa merk yang diincar. Tapi banyak yang diretur pembeli karena “No Disk”.

Akhirnya coba beli DVD Player di Kramat Jati.

DVD bermerk luar negeri umumnya tidak ada yang pakai USB Flashdisk. Jika pun ada, harganya mahal sekali. Akhirnya ada 2 alternatif. LG dengan harga akhir Rp 550.000 dan Polytron 2165 dengan harga akhir Rp 375.000.

Menurut penjualnya, LG lebih canggih karena USB Flashdisk playernya bisa memainkan segala format bukan cuma MP3 (musik), tapi juga MPG bahkan MP4. Ada pun Polytron katanya tidak canggih. USB Playernya cuma sanggup memainkan musik (MP3) saja.

Untung saya dari rumah sudah bawa disk DVD dan USB Flashdisk yang berisi file-file mpg.

Saat diputar di LG, ternyata hanya DVDnya yang bisa memainkan disk DVD. Ada pun USB player gagal memainkan film yang ada di Flashdisk. Setelah lama ditunggu-tunggu, filmnya tidak keluar juga.

Saat DVD Player Polytron yang dijalankan, alhamdulillah DVD playernya jalan. Kemudian USB Flashdisk Playernya pun dengan cepat mencari file Movie dan langsung memainkannya meski file-file film tersebut ada dalam satu folder.

Terlalu singkat memang untuk bilang jelek/bagus mengingat baru 2 minggu berjalan. Namun dari awal saja sudah terlihat perbedaannya dalam memutar USB Flashdisk…

Ada juga fungsi merekam dari DVD ke Flashdisk, tapi belum coba. Lagi pula kalau ada komputer, untuk apa bersusah payah melakukan itu dari DVD Player?

Informasi DVD Player tersebut dari pabriknya:

DVD 2165

DVD 2165

Spesification

– DVD/VCD PLAYER : Yes
– DVD SECTION SINGLE DISC : Yes
– USB PLAYER (Input) : Yes
– FLASH RIP (CD Ripping) : Yes
– CD COPY TO USB : Yes
– JPEG Viewer : Yes
– FLV player : Yes
– Remote Control : Yes
– MP3/MP4 : Yes
– Optic/Coax Digital out : Yes
– DVD Component Output (YUV Out) : Yes
– POWER SOURCE (220V / 50/60 Hz) : Yes

http://polytron.co.id/?fuseaction=home.productsdetail&csection=product_dvdPlayer&id=559

20 Tanggapan

  1. Aq jg beli dvd itu.aq mau tya klo buat muter vidio di usb kok g ad suarax gt

  2. Alhamdulillah setelah 1 tahun lebih beli masih bagus.
    Saat dikira rusak, ternyata TVnya yang rusak.
    Kalau DVDnya tidak rusak, menyetel dari USB juga keluar video dan gambarnya. Kecuali mungkin file videonya corrupt.

  3. aku juga baru beli bro..
    harganya udah turun jadi 315rbu
    aku mau coba muter file movie pake format .avi trus ada subtitle-nya pake file .srt
    kira2 support gag ya??

    • Kurang tahu pak. Dicoba saja.
      Biasanya sih yg disupport itu mpg
      Tapi bisa kok format avi diconvert ke mpg pakai software format factory. Digoogle saja.

  4. aq jg beli tp kok gk.bsa ngeplay mp4 di usbq ya..? gmna sih cranya..?

  5. sama dengan DVD ane kang …
    Kalau muter video via USB biasanya ane forrmat .avi hasil convertan ” format factory ” kalau dari sofware lain emang kadang gk keluar suaranya .
    Subtillt di mix aja ma videonya soalnya kalau pakai file .srt tulisannya kecil .

  6. jika menggunakan flash disk kira-kira brp gb yg dapat di baca oleh dvd polytron…??

  7. saya punya mini compo polytron waktu remaja dulu sekitar tahun 1993-an tipenya PSC-123R dapet dibelikan ayah saya sampai saat ini tahun 2013 masih berfungsi normal, ada juga tv 14″ yg ada bass seperti topi diatas layarnya dibeli tahun 99′ masih hidup semua sampai sekarang…. salut banget sama polytron ini..

  8. saya baru beli DVD polytron 2165 dua bulan lalu tapi ada yang salah pencet jadi remote kontrolnya ga bisa di pakai, kalau di pencet sembarang tombol yang keluar pasti angka 9– gmn solusinya ????

  9. Aq da lma bli,, tapi pas aq coba format avi ternyata bisa ouy,, da suara y lagi,, memang polytron mannnntap ,,,, punya aq 2165 ,,,,,
    min mw tanya format mkv bisa gak diputar…….. ?

  10. kerusakan pada apa yh,kalau buat buat vcd bisa di putar,sedangkn bwt DVD enggk bisa?

  11. DVD Polytron punya saya cuma bertahan 3 bulan, itu juga jarang dipakai. gejalanya nyetel DVD/CD baru 3 menit langsung nge hang dan gak bisa dimatiin lewat tombol power mesti dicabut dari colokan listriknya abis itu gak bisa dipakai lagi dicolokin gak mau nyala. aku udah 3 kali bolak-balik service karena masih garansi tapi percuma kayaknya gak dibenerin. gimana nih..punya solusi gak…

  12. Sobat yg lgi bca klo tau d jwb y.?
    Sy mmbli DVD plyer merk i-CAN 102 sy trtrik krn formatnya compatible MP4 dll. Tpi stlh sy cba film MP4 hsil rekaman HP 5 Mpksel USB malah gk ke detect yg nongol cma jpeg sma Mp3. Mhon sobat ksi dkit ilmunya. Sya yg slah ato produk nya ngibulin. D bku manual cma cara menggunakan remote aja.

  13. gan dvd yang ini bisa karoeke ga?
    bls ya .

  14. Haga skrg brapa ya….

  15. Gan, DVD saya sama seperti itu. Tp beda tipe puny saya polytron dvd 2191 buatan indo. Gw mw tnya ni, dvd polytron yg asli klo diangkat berat ap enteng, punya soalnya enteng tkutny cashing doank polytron tp dlm’a buatan cina ….

  16. Setahu saya Polytron itu sebetulnya produk Cina, tapi dengan merk Indonesia dan ada Quality Control (QC)nya. Jadi tidak asal2an.
    Banyak juga produk AS, Jepang, dan Eropa yang Made in China karena harga barang di sana amat murah

  17. aku pake DVD Polytron 2167 sudah 6 tahun.masih awet.lancar USB read sma komponen lainya gak ada masalah.gambar masih kinclong.cuman kalo muter DVD sama VCD bajakan yang ga bagus burn nya….kadang ga mau mbaca.alias no disc….tapi kalo muter yang asli langsung nyoslong…joget ria.

  18. Thank you gan

  19. Agan agan,mau tanya..
    Ada yang tau kode remot universal buat rype dvd ini gak.ya? Remot saya dah rusak..
    Trims….

Tinggalkan komentar