Iklan

Pertemuan Muslim IT yang ke 4 di Jakarta


Peserta GAIM 4Alhamdulillah MIFTA (Muslim IT Association – www.mifta.org) bersama WI (WarnaIslam.com) berhasil mengadakan GAIM 4 (Temu MIFTA ke 4) di kantor Teknosoft Media (selaku sponsor) di jalan Utan Kayu No. 20A tanggal 15 Februari 2009 dengan topik “Web Security dan Etika Islami”.

Pertemuan kali ini dihadiri oleh Ahmad Sofyan (pengembang distro Linux Blankon dan Nusantara dan juga Sekjen MIFTA), Prihantoosa (Direktur Nurul Fikri Computer dan pengembang Edubuntu di Indonesia), Bayu W (pakar IT security), Yoga (Direktur Teknosoft Media), Indra Chaidir, Agus Nizami (Ketua MIFTA) dan juga aktivis IT lainnya.

Akh Roni sedang presentasi Web SecurityCeramah diisi oleh mas M.Hasran Addahroni yang merupakan Senior Security Analyst di PT.SCAN Nusantara (www.scan-nusantara.net) yang membicarakan masalah keamanan di web. Saat ini serangan para hacker dan cracker bukan hanya ditujukan ke firewall, tapi sudah kepada aplikasi melalui web request http. Bahkan web yang passwordnya sudah diencrypt dengan MD5 saja masih bisa dibobol dan ini didemonstrasikan hasil pembobolannya.

Bayangkan jika aplikasi online trading milyaran rupiah melalui web dibobol karena kurangnya pengamanan data. Oleh karena itu berbagai langkah pengamanan seperti penggunaan password yang baik, menghindari tempat umum, atau pun pengamanan database, bahkan dynamic PIN seperti Key Card dan sebagainya harus dilakukan.

Para Pembicara GAIM 4Ceramah kedua diisi oleh Ustad Ahmad Sarwat dari WarnaIslam.com tentang pandangan Islam terhadap masalah keamanan di mana Islam menyuruh agar para Muslim menjaga jiwa dan harta mereka. Sebagai contoh, Nabi Muhammad pernah menyuruh seorang sahabat untuk mengikat dulu untanya baru tawakkal dan berdoa kepada Allah.

Ustad Ahmad Sarwat juga mengenalkan WarnaIslam.com yang merupakan satu web Citizen Journalism yang bisa diisi ramai-ramai oleh ummat Islam (meski tetap melalui moderasi). Ustad Ahmad Sarwat adalah seorang ulama yang unik karena selain paham agama juga ternyata merupakan coder/programer yang cukup handal. Beda dengan kebanyakan orang (termasuk pekerja IT), dia memprogram sendiri CMS yang dia pakai. Keahliannya di bidang IT lebih dari cukup untuk jadi anggota MIFTA!

Di akhir sesi juga dibicarakan kerjasama antara WarnaIslam.com dengan anggota MIFTA untuk kerjasama guna meningkatkan web WarnaIslam.com dan juga pembuatan Kalendar yang bermanfaat untuk mengatur jadwal ceramah para asaatidz. Selain itu dibicarakan juga produk dari anggota MIFTA (misalnya Software Rumah Sakit, Web Development, Migrasi Linux, dan sebagainya) yang layak untuk dipasarkan bersama.

Gathering minggu lalu merupakan kegiatan ke 4 dari serangkaian gathering rutin dari MIFTA. Acara yang selalu dihadiri oleh profesional IT muslim ini, dimulai sejak 2007 dan sempat vakum selama beberapa bulan dan dimulai lagi sejak triwulan terakhir 2008. Selain topik keamanan, biasanya diangkat pula topik-topik IT entrepreneurship, teknis pemrograman dan topik-topik lain seputar bidang informasi dan teknologi.

Lihat juga liputan GAIM 3 yang tak kalah seru! Dan nantikan GAIM berikutnya dengan topik dan pembicara yang semakin panas! Bagi IT Muslim atau masyarakat yang ingin memakai IT yang ingin bergabung, silahkan kirim email ke mifta-perjuangan-subscribe@yahoogroups.com

Mudah-mudahan melalui pertemuan ini Allah SWT makin menguatkan MIFTA dan juga WI hingga jadi lebih bermanfaat bagi ummat.

File Presentasi Web Security bisa didownload di:

Presentasi Web Security

Berita lain tentang GAIM 4 MIFTA ada di:

http://www.mifta.org/index.php/Berita-MIFTA/Narsisme-motivasi-tertinggi-para-hacker.html

http://warnaislam.com/redaksi/dairi/2009/2/16/45960/MIFTA_dan_WI_Gelar_Gaim_IV.htm

Lihat foto-foto di:

http://www.facebook.com/photo.php?pid=30282907&op=1&view=album&subj=1423179759&aid=2016287&auser=1356050470&id=1356050470&ref=mf

http://www.facebook.com/album.php?aid=2016287&id=1356050470


Iklan

4 Tanggapan

  1. moga bis abermanfaat ya pak agus

  2. Wah kayanya asyik nih pertemuan sesama Muslim IT,… kalau mau bergabung di dunia asli [baca; Bukan Maya] gimana caranya yah?

    Jazakallahu khoiron…
    http://attanzil.wordpress.com

  3. Join dulu ke milis: mifta-perjuangan-subscribe@yahoogroups.com

    Nanti 1-2 bulan sekali ada pertemuan dan undangan dikirim lewat milis tsb.

  4. wah ada foto guru (K-159) nampang di sana. hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: