Iklan

Hemat Tinta Printer dengan Veneta System dan Dataprin


Baru-baru ini saya beli tinta printer Canon No. 40 dan 41 untuk hitam dan warna. Harganya alamak mahalnya. Yang hitam Rp 190 ribu untuk 1 cartridge kecil sementara yang warna Rp 240 ribu. Total Rp 430 ribu hanya untuk tinta. Cuma karena saya ingin cetak naskah buat dikirim ke penerbit, ya mati-matian saya beli… Kalau pakai cartridge bawaan printer, kalau isi ulang cuma separuh tintanya.

Untuk pemakaian standar, paling sebulan tintanya habis. Jadi setahun kita bisa menghabiskan Rp 5.160.000 hanya untuk tinta printer inkjet. Ini jauh lebih mahal ketimbang harga printer Canon IP 1880 yang saya beli hanya Rp 520 ribu.

Padahal kalau pakai tinta refill seperti Veneta, hanya Rp 30 ribu untuk hitam dan Rp 50 ribu untuk warna. Jadi bisa hemat sampai 5 kali lipat. Kalau setahun kita harus mengeluarkan uang Rp 5 juta lebih, dengan refill Veneta hanya Rp 1 juta.

Kualitasnya untuk tinta hitam saya lihat tidak ada bedanya. Sedang untuk warna, memang ada perbedaan. Tinta orisinal lebih OK untuk foto. Tapi kalau sekedar untuk gambar-gambar foto biasa masih OK lah.

Masalah printer rusak? Itu mungkin dipakai buat ”nakut-nakutin” orang agar tetap beli tinta asli yang mahal… Harga printer berapa sih? Cuma Rp 520 ribu. Sedangkan kalau kita pakai tinta refill kita bisa hemat sampai Rp 4 juta. Kita bisa beli 7 printer setahun kalau ternyata rusak. Saya sudah pakai dan printer tidak rusak. Hasil cetakan masih bersih.

Kalau mau lebih murah lagi bisa pakai tinta refill Dataprin. Dengan Rp 20 ribu bisa suntik 3-4 kali. Jadi bisa 40 kali lipat lebih hemat lagi. Cuma kita harus suntik sendiri. Meski kualitasnya di bawah aslinya, tapi kalau sekedar teks hitam putih tidak jauh beda. Diplototin bener-bener baru kelihatan bedanya…:). Kalau cartridge bawaan dari printer, paling diisi separuh tabung suntik. Tapi kalau cartridge yang beli tersendiri bisa sampai satu tabung penuh soalnya posisi kapasnya lebih di atas.

Kalau mau pakai tintasuntikan ebaiknya pakai printer Canon karena mudah disuntik. Ipar saya dan saya ketika mencoba menyuntik printer lain gagal. Tinta jadi bleber dan bisa merusak printer.

Selain itu, untuk printer laser seperti HP LJ1300, ternyata juga bisa pakai toner suntikan. Jika toner asli  (dengan cartridge) harganya sekitar Rp 800 ribu, toner suntikan hanya sekitar Rp 150 ribu. Lumayankan bisa irit Rp 650 ribu sekali pakai. Yang penting jangan sekali-sekali memakai kertas bekas yang sudah terpakai (ada tonernya), sebab begitu diprint dan panas jadi lengket dan bikin macet printer. Bisa merusak drum printer.

Berikut informasi tentang tinta refill Veneta. Di zaman Krismon ini kita harus bisa hemat…

http://www.venetaindonesia.com

http://tarsio.blogspot.com/2007/12/veneta-system-penyelamat-catridge.html

Veneta System di Otista
Jl.Otista No.80A
(100 m sebelum gereja Santo Antonius)
Jakarta Timur
Telp (021) 32968988, 85910189
Email : otista_jkt@venetaindonesia.com

Iklan

7 Tanggapan

  1. iya tuh…
    saya juga pake dirumah, kebetulan veneta ada di jatoiwaringin juga….

    itung2annya menarik juga yah….

  2. Saya sudah 10 tahun pake printer Canon, Lexmark yang semuanya pake tinta, dan semua itu saya pernah coba, 1. suntik sendiri, hasilnya lumayan dan murah, di isikan di Veneta hasilnya bagus juga, cuma kalau catridge (sirkuit error) dia di veneta gak garansi kecuali catridge compatible veneta. Pake data print bagus juga tapi agak mahal sih dr hrg umumnya, pake tabung inpus wah ….. seperti musim hujan,,, bisa banjir….

  3. biar lebih awet lagi dan bisa diisi berulang kali, kuncinya jangan sekali-kali memaksakan printer bekerja ketika indikator low ink menyala.
    sirkuit bisa rusak dan nggak bisa diperbaiki. tapi kalau masalahnya cuman mampet doang sih masih bisa di dibersihin pake ultrasonic cleaner trus divacum/disedot.

  4. kalau mengenai cartridge kompatibel yg dijual veneta, bagus gak? lumayan thu harga cartridge itemnya setengah dari harga cartridge ori…

  5. Kalau cartridge kompatibel yg dijual Veneta belum pernah beli.
    Tapi saya kemarin ketika cartridge tersumbat, saya bersihkan cartridgenya dgn air dan sabun.
    Kemudian direbus dgn air sabun hingga mendidih cartridgenya.

    Setelah dikeringkan dan diisi tinta suntik, alhamdulillah bagus kembali…:)

  6. harga catrige tinta hitam di setiap veneta outlet berbeda ya harganya ? ada yg 25.000 ada yg 15.000 . mengapa demikian ?

  7. Saya kurang tahu.
    Sekarang saya pakai Dataprin.
    Dgn harga sekitar Rp 20 ribuan, bisa 2x suntik…:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: