Iklan

Tips/Cara Membuat Website di Internet


mediaislamlook.jpg

Mungkin anda pernah mendengar atau membaca seperti ini:

http://republika.co.id

http://www.detik.com

http://eramuslim.com

Itu semua adalah laman, website atau situs Internet. Bagaimana cara membuatnya? Anda ingin tahu? Kalau ya, silahkan baca artikel ini.

Manfaat website bermacam-macam. Bisa untuk memuat berita/informasi seperti situs di atas. Bisa untuk promosi atau memasarkan produk/jasa dari usaha yang anda miliki contohnya www.sendailogistics.com . Bisa juga untuk berdakwah atau sarana pendidikan contohnya www.media-islam.or.id, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Saat ini ada lebih dari 1 milyar pengguna internet di dunia dan 20 juta di Indonesia. Oleh karena itu jika anda punya situs di Intenet, itu akan membantu pengguna Internet untuk mengetahu produk/jasa/dakwah anda. Misalkan anda berjualan sepatu dan punya website yang sudah didaftarkan di Internet, maka ketika orang mencari jual sepatu lewat mesin pencari, website anda bisa muncul.

Hasil pencarian Google dari 500 ribu halaman lebih muncul di urutan pertama

Sebagai contoh jika di www.google.com kita ketik key word dengan “Belajar Islam” atau “Media Islam” (dengan atau tanpa tanda kutip) maka akan muncul situs www.media-islam.or.id di halaman pertama.

Pemilik situs www.sendailogistics.com membuat website agar ketika orang kontak lewat telpon atau email, tinggal menunjuk situsnya sehingga tidak menghabiskan banyak waktu untuk menjelaskan prosedur dan rincian pengiriman barang.

Jika anda berjualan baju atau sepatu misalnya, dengan menampilkan gambar contoh berikut pilihan warna dan ukuran di internet, maka calon pembeli tinggal memilih model, warna, dan ukuran yang sesuai, kemudian BARU anda membuat baju/sepatu tersebut. Dengan cara ini anda terhindar dari resiko kerugian membuat produk yang tidak laku.

Bayangkan, jika anda harus membuat baju atau sepatu dulu ada kemungkinan 70% produk yang anda buat tidak laku terjual. Karena bisa saja pembeli tidak cocok dengan modelnya. Jika cocok dengan modelnya, belum tentu cocok dengan warnanya. Jika cocok dengan keduanya, belum tentu ukurannya cocok. Jika produk anda bernilai Rp 100 juta, maka kerugian anda karena produk tidak laku bisa mencapai Rp 70 juta. Jadi penawaran produk di website Internet bisa meminimalisir kerugian tersebut.

Di www.media-islam.or.id dan www.syiarislam.wordpress.com saya memuat berbagai artikel Islami seperti ”Bukti Tuhan itu Ada” untuk menambah keimanan.

Ok, setelah kita paham manfaat Internet, lalu bagaimana cara membuatnya?

Di Internet ada provider laman gratisan seperti www.wordpress.com. Namun ini tidak boleh digunakan untuk komersial atau berdagang. Selain itu nama domainnya pun ada embel-embel nama provider tersebut seperti namaperusahaananda.wordpress.com. Ini mengurangi bonafiditas perusahaan anda (selain sebetulnya melanggar aturan)

Anda juga bisa mendapatkan nama domain gratis yang tidak seperti “gratis” seperti www.alwashiyyah.co.cc

Bandingkan dengan domain seperti namadomain.co.id. Nyaris tak ada beda kan? Untuk dapat nama domain gratis bisa daftar dengan mengklik:

http://www.co.cc/?id=151405

Setelah dapat nama domain gratis, misalnya namaanda.co.cc, anda bisa dapat webhosting gratis untuk tempat file-file domain anda. Anda bisa klik:

http://www.000webhost.com/80003.html

Anda harus mengisi nama domain anda di situ, misalnya namaanda.co.cc. Kemudian anda akan mendapat NS1, dan NS2 (misalnya: ns01.000webhost.com dan ns02.000webhost.com) untuk diisikan nanti di co.cc.

Setelah itu anda tinggal setup DNS di co.cc dengan mengisi Name Server (NS) sesuai dengan NS1 dan NS2 yang anda dapat dari Webhost.

Jika anda ingin membuat domain sendiri misalnya www.sendailogistics.com, maka anda perlu beli domain sendailogistics.com dan juga hosting untuk domain tersebut. Besarnya sangat variatif. Untuk domain sekitar Rp 80 ribu per tahun. Ada pun untuk hosting, ada yang gratisan (tidak direkomendasikan karena banyak persyaratan dan kualitasnya buruk), ada yang Rp 100.000-400.000/tahun, ada pula yang sampai Rp 3 juta lebih per tahun. Biasanya harga seiring dengan kualitas.

Kalau itu sudah ada, anda tinggal mengisi website anda. Ada yang memakai static HTML yang sulit dirubah. Ada pula yang memakai CMS (Content Management System) seperti WordPress, Joomla, dan Drupal. Dengan CMS anda bisa mengupdate website anda dengan mudah. CMS ini, misalnya wordpress, dapat anda download di www.wordpress.org.

Untuk menginstall WordPress atau CMS lain, anda perlu membuat Database MySQL berikut user name dan passwordnya melalui control panel hosting anda. Kemudian upload wordpress ke root www di hosting anda. Extract, kemudian jalankan dengan mengetik www.domainanda.com (.com bisa dirubah dengan .co.id, dsb). Isi nama database, username, dan password serta Judul dari situs anda.

Sebetulnya prosedur di atas tidak rumit. Tapi jika anda kesulitan, anda bisa minta bantuan jasa web developer untuk itu. Biayanya antara Rp 500 ribu hingga ratusan juta rupiah. Tergantung siapa orangnya dan juga kerumitan dari situs tersebut. Yang paling enak bikin sendiri karena gratis…:)

Jika sudah beres, jangan lupa daftarkan situs anda di www.dmoz.org agar situs anda bisa dicari melalui mesin pencari (Search Engine) seperti www.google.com, www.yahoo.com, dsb. Jangan sampai uang dan tenaga anda terbuang sia-sia karena tidak terdaftar di sana.

Setelah itu anda harus berusaha mengupdate dan mempromosikan website anda sehingga bisa menempati peringkat pertama di Search Engine untuk kata-kata kunci yang anda inginkan. Misalkan anda dagang rumah, anda tentu ingin ketika orang mengetik rumah maka nama website anda muncul di urutan pertama. Untuk itu anda perlu mempelajari SEO (Search Engine Optimization). Sebagai contoh untuk key word Belajar Islam ada 500 ribu lebih halaman yang muncul sementara untuk Media Islam ada 2 juta lebih. Kalau website kita ada di urutan ke 100 saja niscaya tidak akan terbaca oleh orang-orang.

Demikian sekedar tips dan info singkat dari saya tentang cara membuat website di Internet. Semoga bermanfaat.

Iklan

29 Tanggapan

  1. Thanks untuk tipsnya, sangat membantu bagi pemula di dunia maya

  2. ass.wr.wb.

    trima kasih, semoga bermanfaat
    salam kenal..

    wassalam,

    eko

    http://www.ekoregaga2006.wordpress.com

  3. Andai saya punya banyak waktu
    Saya ingin menjadi blogger fropesional

  4. Assalamu’alikum.
    Saya mencoba untuk membuat blog lewat wordpress.com…saya kesulitan..ketika menu visual di tulisan ngak muncul..mohon bantuan..gimana caranya mengaktifkan lagi. Trimakasih.
    Wasalam.

  5. Saya juga masih blogger amatiran…:) Melakukannya di sela2 kerjaan.

    Menu visual kadang tidak tampil karena koneksi yang lamban. Saya pernah begini. Tapi keesokan harinya ketika koneksi bagus, menu visual kembali muncul.

  6. Info bagus Pak, makasih dan salam kenal

  7. ASS.. infonya sangat berharga buat saya

  8. Assalamu’alikum wr.wb.
    Semoga Allah SWT terus melahirkan orang-orang muslim seperi bapak, shaleh, ga gaptek. Salam Kenal. Fathurrahman Salim. Ambon

  9. thanks buat infonya..berharga banget buat pemula spt sy yg emang mo bkn website sekolah coz d sekolahan sy blm ada maklumlah di desa…tolong dong lebih mendetail penjelasannya krn sy ms blm tau musti memulainya dari mana..mohon bantuannya..makasih sebelumnya n salam kenal..

  10. Kalau mau yang gratis, coba ke http://www.wordpress.com. Setelah itu coba register dulu kemudian ikuti instruksinya step by step. Kalau bahasa Inggris bingung, bisa pilih bahasa Indonesia.

    Kalau yang berbayar agak sedikit rumit. Harus beli nama domain dulu (mis: domainanda.com), kemudian sewa hostingnya. Setelah itu kita harus download CMS wordpress di wordpress.org dan menaruh di server hosting anda. Buat databasenya dulu setelah itu install CMSnya.

    Coba lihat rinciannya. Maaf saya tak bisa menuliskannya sebab panjang sekali….

    http://codex.wordpress.org/Installing_WordPress

  11. Kalau saya sih pakai domain gratis sekaligus hosting gratis, gyahahaha. Sampai sekarang masih lancar saja, Alhamdulillah

    • ya syukurlah lok begitu mudah-mudahan se lamanya………..?

  12. Jazakallah atas infonya. Its very usefull

  13. dengaan membuat situs weebsiteeee ini,,#33##?
    gue ingin mencari penghasilan yang halal dan baik
    oke friendddddssssssssssssssssssssssssss?
    doain ya moga berhasil keyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy?
    amiennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn?

  14. Lagi pngn bwt web nich untuk nmbh pnghsiln…

    Thanks Infonya

  15. good boz.
    Tks infonya, moga yg di kampung2 juga bisa tauh.
    Biar Indonesia cepat maju.!!!

  16. hey,nizamins
    saya perlu sekali cara awal membuat web,untuk keperluan kantor saya yg ada di kal sel..nah tolong lajarin dari awal dong,kalau sudah bisa saya perlu memberi apa nantinya sama nizam?tks minta balasannya ya

  17. @Faisal, kalau untuk pribadi gratis.
    Kalau untuk kantor, silahkan pilih mau paket yang 1 dinar atau 3 dinar (ratenya bisa di lihat di http://www.wakalanusantara.com)

    Kalau mau buat untuk kantor, nama domainnya harus ditetapkan dulu. Cek di whois.org apakah sudah ada yang ambil/belum.

    Kemudian ke webhosting untuk pesan domain dan hosting.
    Setelah itu install wordpress, customize gambar dan isinya, dst…

    Insya Allah kada tapi ngalih…

  18. thANK ATAS IMFONIA BAGUS SEKALI

  19. tolong dibantu bagaimana membuat dan melengkapi situs yang akan saya buat tersebut dan bagai mana cara menggunakannya ,dan kalau bisa tolong di buatkan sebab saya ini seorang pemulah dan belum tau persis tentang web hosting dan domain ,,harap kalau bisa dibantu

  20. mantap,,!!
    punya website sendiri itu emang enak,,,
    setelah bisa bikin website,,

    hal yg paling penting adalah upload ke hosting agar website yg telah dibuat bisa diakses oleh semua orang di dunia..

    karena itu saya memberikan ebook “cara bikin web gratis dan cara upload website ke hosting”…dan asyiknya ini adalah GRATIS.

    jelas dan detil serta dilengkapi dengan gambar agar mudah dipahami.

    salam super sukses.
    terbarlah kebaikan dengan banyak memberi yg terbaik.

    untuk admin salam kenal ya..:)

  21. Alhamdulillah, setalah belajar kesana kemari akhirnya bisa juga membangun sebuah website online….

    Ayo kawan kibarkan semangat mudamu dan tuangkan kreatifitasmu dalam membuat website…

    Nikmati prosesnya dan rasakan perubahan yang kamu alami…

    Salam kenal ya…

  22. tolong jelas kan dengan saya bagai mana mebuats situs dengan benar

  23. Mantap Gan.

    Mau coba pake wordpress nih

    Kalo ada yang butuh souvenir khas jogja, klik aja craftjogja.com

  24. Buat tmn2 yang webnya udah jadi.
    Silahkan pelajari cara2 memasukkan webnya ke Google.com
    Kunjungi za website http://www.widtama.com
    Terimakasih, semoga info ini bermanfaat bwt kita semua.

  25. Subhanalloh…
    Pencerahan sekali bagi saya yang gagap IT
    MN

  26. assalamualaikum pak haji makasih atas infonya itu sangat berguna bagi saya,tp saran sy mutu dan kualitas perlu dikembangkan dan mempunyai anak didik serta pengembangan islam secara pesat

  27. Wa’alaikum salam,
    sama2 pak.
    mudah2an bisa lebih baik lagi. amiin.
    Wassalamu’alaikum

  28. makasih sob ,, sangat membantu sekali … gwe dah coba buat tp gagal mulu ,, semoga kali ini berhasil .. sekali lagi ,, makasih yah :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: