Iklan

Tips Naik Taxi yang Aman dan Bagus


Menurut pengalaman saya, Taxi yang bagus saat ini adalah Putra, Express Taxi, Mega Kosti, dan Blue Bird. Kalau Putra, Express, dan Mega Kosti selain bagus juga murah harganya. Kalau Blue Bird agak mahal. Sekitar 1,5 kali lipat Taxi di atas.

Mengapa Putra, Express, dan Mega Kosti bagus? Karena supirnya memang diseleksi dengan ketat sehingga mertua dan orang tua mereka juga diwawancara ketika tes masuk. Sebagai imbalan, dalam waktu 4-5 tahun mobil taxi yang mereka kendarai jadi milik mereka, padahal setoran mereka di bawah taxi lainnya. Oleh karena itu supir-supirnya jadi lebih bertanggung-jawab.

Memilih Taxi harus berhati-hati. Sebab banyak supir Taxi yang curang seperti memasang Argo Kuda atau memutar-mutar rute kendaraan hingga jauh dan mahal harganya.

Sebagai contoh, ada seorang supir Taxi yang mengajak saya lewat masjid Sunda Kelapa. Padahal kita dari Blok M dan ingin ke Otista III. Ini artinya kita harus melewati Otista III, kemudian setelah itu balik lagi. Untung saja saya tahu jalan dan juga seorang pria yang berwibawa sehingga bisa memaksa supir tersebut untuk lewat jalan Gatot Subroto.

Adakalanya jika penumpangnya wanita, supir Taxi ini bisa memaksa. Bahkan ada yang merampok dan memperkosa penumpangnya.

Kalau anda berada di terminal bis atau stasiun KA, lebih baik anda naik angkot sejauh 2-3 km kemudian baru naik Taxi dari tempat tersebut. Sebab biasanya Taxi yang ada di terminal bis/stasiun memakai argo kuda. Sebagai contoh saya dan teman pernah naik taxi dari terminal bis Kampung Rambutan, argonya cepat sekali berubah dan tarifnya di luar kewajaran.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: