Iklan

Pertemuan MIFTA di Teknosoft 4 November 2007


Harry Suferhmi dan para peserta pertemuan MIFTAAlhamdulillah pertemuan MIFTA pada Hari : Minggu, 4 November 2007 di Teknosof , : Jl. Utan Kayu No. 20A, Jakarta Timur berjalan lancar.

Peserta dan pembicara bermacam-macam. Ada Harry Sufehmi, Ahmad Sofyan, Kamal, Untung, Bayu, Hasbi, Furqon, Henry, Dei, Prihantoosa, Arie, Agus Nizami, dan Ronaldi.

Pak Harry yang merupakan salah satu moderator milis Isnet (Milis Islam pertama di Indonessia) yang berbicara tentang Membangun komunitas dunia Maya. Milis Isnet yang dikelola selain komunitas maya juga punya kepengurusan di AS dan berbagai negara di Eropa. Hanya ketika kasus WTC terjadi akhirnya Isnet yang merupakan singkatan dari Islamic Network turut jadi korban sehingga jadi kurang aktif. Namun usaha revitalisasi Isnet saat ini tengah dilakukan.

Selain itu pak Harry juga menjelaskan tentang pembinaan komunitas lain di Asia Blogging dan juga Ubuntu Indonesia.

Ahmad Sofyan menjelaskan Potensi Usaha di InternetPak Ahmad Sofyan menjelaskan tentang Potensi Usaha di Internet seperti membuat pelayanan (service) sederhana di internet seperti pembuatan invoice, penghitungan PPH, dsb. Peluang bisnis sebagai reseller yang komisinya bisa mencapai 70% dari harga barang yang ditawarkan, advertising juga dijelaskan.

Beberapa kendala seperti kepercayaan ternyata bisa disiasati dengan memakai berbagai cara misalnya mendapatkan sertifikasi dari lembaga sertifikasi yang dipercaya seperti BBB (Better Business Bureau) Sistem pembayaran juga bisa memakai penyelenggara seperti paypall sehingga lebih mudah.

Peserta pertemuan MIFTAMas Kamal dari Fasilkom UI bertanya bagaimana cara agar bisa aktif dalam kegiatan MIFTA. Jawabannya sederhana saja, jika ikut ta’aruf/silaturrahim langsung, maka selain informasi yang ada di internet, informasi yang ada di darat ternyata jauh lebih lengkap dan kemungkinan untuk bekerjasama dalam berbagai kegiatan lebih terbuka.

Dibahas juga perkembangan IGOS Codecamp yang merupakan proyek Depristek bekerjasama dengan berbagai komunitas seperti MIFTA, KPLI, Jlinux, Teknosoft, Nurul Fikri Computer, dan sebagainya. Insya Allah tanggal 23-24 akan diadakan acara coding bareng di Cikole Bandung.

Pak Teguh mengusulkan untuk diadakan pelatihan khusus anggota milis MIFTA dengan harga terjangkau. Jadi seandainya ada anggota milis MIFTA yang ingin kursus Linux, PHP, Java dengan harga terjangkau bisa kontak MIFTA.

Pada saat makan siang kita juga bisa menikmati Sate Madura pak Dei berikut lontong serta nasi padang.

Iklan

3 Tanggapan

  1. siip…

    mantabz…

    btw, berapa orang tuh yang dateng…

    sayang blm bisa ikutan :D

  2. salah mas bukan “fUsilkom” tapi “fAsilkom” :)

    mudah2an acara seperti ini bisa terus dimantain dengan baik, sehingga komunitas MIFTA bisa makin solid

  3. Yang datang kemarin 13 orang. Maaf salah tulis. Sudah dikoreksi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: