Cara Membuat Chicken Nugget


http://ummurizka.wordpress.com/2010/07/19/membuat-chicken-nugget-sendiri/

Membuat Chicken Nugget Sendiri

Posted by: ummurizka on: Juli 19, 2010

Nugget ayam…banyak anak-anak yang suka dengan makanan satu ini termasuk ketiga anak saya, mungkin karena rasanya yang gurih dan enak.. biasanya sih saya membeli nugget ayam yang siap goreng yang dijual disupermarket.

Namun melihat saking sukanya anak-anak , saya jadi berpikir gimana ya kalo dicoba bikin sendiri karena akan lebih hemat juga sehat tentunya karena tidak mengandung bahan pengawet dan tidak menggunakan bumbu penyedap.

Resep awal kudapat dari Ida- Krisna Show di Resep Serba Nugget, tenyata bahan yang digunakan dan cara mengolahnya gampang lho, begini ni resepnya :

Bahan-bahan :
- 500 gram daging ayam giling
- 2 butir telur kocok
- 4-5 roti tawar tanpa kulit
- 1-2 buah wortel diparut (jika suka)
- Keju parut (jika suka)
- Merica bubuk (secukupnya)
- 100 ml air matang / susu cair (jika suka)
- Garam (secukupnya)
- 4 siung bawang putih (dihaluskan)
- Gula pasir (sedikit saja)

Bahan untuk menggoreng :
- Minyak goreng
- Tepung panir
- Telur dikocok

Cara membuat :

- Campur semua bahan dari mulai ayam sampai dengan gula pasir, aduk sampai rata.
- Siapkan loyang ukuran 20 cm dan olesi dengan mentega.
- Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan lalu kukus selama ± 20 -30 menit.
- Setelah masak, dinginkan lalu potong-potong sesuai selera atau dibentuk dengan cetakan agar lebih menarik.
- Celupkan dalam kocokan telur dan balur dengan tepung panir lalu
goreng hingga kecoklatan.
- Sajikan dan nikmati selagi hangat.

Catatan: resep ini bisa juga untuk membuat nugget ikan maupun udang tinggal bahan dasarnya saja yang diganti.

Bagi sahabat blog yang suka nugget Selamat Mencoba dan bereksperimen :lol:

http://resepmasakanindonesia.idcc.info/chicken-nuggets.htm

Resep Chicken Nugget

Bahan :
5 lembar roti tawar (buang kulitnya)
250 ml susu cair
2 sendok makan margarin
75 gram bawang bombay, dicincang halus
2 siung bawang putih, diparut
500 gram daging ayam giling
1/2 sendok teh merica bubuk
2 kuning telur
1 sendok teh garam
minyak untuk menggoreng

Bahan Lapisan :
150 gram tepung panir
2 putih telur

Cara membuat :
1. Rendam roti tawar dalam susu hingga lembek, remas-remas hingga halus, sisihkan.
2. Panaskan margarin tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu. Angkat.
3. Aduk tumisan bawang bombay, campuran roti tawar, garam, merica, daging ayam, dan kuning telur, aduk rata.
4. Siapkan loyang persegi 18 cm. Tuang adonan ke dalamnya. Ratakan lalu kukus sampai matang. Angkat lalu dinginkan.
5. Keluarkan dari loyang lalu potong 6x3x1cm, celupkan ke dalam putih telur lalu gulingkan di tepung panir.
6. Goreng sampai kering dan matang.

Untuk 15 porsi

http://www.resep.web.id/kue/chicken-nugget.htm

Bahan:
5 lembar roti tawar, buang kulitnya, potong kasar
250 ml susu cair
2 sdm margarin
75 g bawang Bombay, cincang halus
500 g daging ayam cincang
2 kuning telur ayam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
minyak untuk menggoreng

Lapisan:
2 putih telur ayam
150 g tepung panir

Cara membuat:
# Rendam roti tawar dengan susu cair hingga lembut dan hancur.
# Panaskan margarin hingga leleh. Tumis bawang Bombay hingga layu. Angkat.
# Campur roti tawar dengan bawang Bombay tumis, dan daging ayam. Aduk hingga rata.
# Tambahkan kuning telur, merica, dan garam. Aduk hingga rata.
# Taruh adonan dalam loyang segi empat. Ratakan.
# Kukus dalam dandang panas hingga matang. Angkat, dinginkan.
# Lepaskan dari loyang, potong-potong ukuran 1x3x5 cm.
# Celupkan tiap potongan dalam telur kocok. Gulingkan dalam tepung panir hingga rata.
# Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning keemasan.
# Angkat, tiriskan dan sajikan hangat.

Untuk 24 potong

http://rajaresep.com/berita-248-resep-chicken-nugget.html

Bahan :

300 gr Daging Ayam giling

50 gr Keju Cheddar, parut

2 butir telur, kocok lepas

1/4 sdt garam

4 siung Bawang Putih

Bahan Panir :

150 gr Tepung Roti

2 butir Telur, kocok lepas

Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :

1.     Campur semua bahan kemudian aduk rata.

2.     Tuang kedalam loyang persegi 20 cm yang dioles minyak dan dialas plastik.

3.     Kukus nugget selama 20 menit. Angkat. Setelah dingin potong kotak 2×2 cm atau sesuai selera.

4.     Celupkan potongan nugget ke dalam telur lalu gulingkan dalam tepung roti, ulangi 1 x lagi.

5.     Goreng nugget dalam minyak panas sampai matang.

About these ads

19 Tanggapan

  1. jazakumullah ikut coba

  2. terima kasih…resepnya mudah sekali ya…

  3. wah ternyata resepnya simpel n bhan2nya mudah didapat. kira2 nuggetnya kuat berapa lama jika disimpan di kulkas?

  4. trimakasih resepnya…

  5. mksh y resepnya

  6. Klw dtmbh tepung gmn tuch,bsa gk?

  7. makasih infonya… ^_*

  8. mbak saya bikin setelah di kukus kok malah jd lembek ya nuggetnya, jd g bisa dibentuk. itu yang salah dimananya ya?

  9. Tengkiu infonya…

  10. Resep nuggetnya banyak sekali,mana yg paling enak ya?

  11. terimakasih ,ya bunda !

  12. banyak banget….

  13. sekarang baru bisa bikinya :)

  14. terima kasih , insya Allah dicoba :)

  15. posting yang bagus, dapat menambah wawasan saya. kalo ada waktu mampir yuk ke blog saya
    http://hoshikanoshi.blog.stisitelkom.ac.id/
    ditunggu ya ^^

  16. waaah postingan yang sangat bagus dan sangat memberikan referensi,
    semoga ilmu ini dapat bermanfaat bagi semuanya yah,
    kalau sempat bisa kunjungi blog saya di
    http://merdeka.blog.stisitelkom.ac.id/

    terimakasih ^^

  17. Resep yang bermanfaat untuk anak2 saya… :)
    Terimakasih banyak ya infonya…
    Silahkan mampir ke blog saya di http://graciasstory.blogspot.com/

    Salam kenal ^-^

  18. wow, lengkap sekali, yummi yummi yummi

  19. mantaaaap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 33 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: