Cara Menghilangkan Pegal di Leher dan Pundak/Bahu


Di bawah adalah satu tulisan yang bagus tentang gerakan untuk menghilangkan pegal di leher dan di bahu. Kita harus membiasakan posisi tubuh yang benar agar tidak pegal.

Selain itu bisa juga dicoba bekam untuk menghilangkan darah kotor yang menggumpal dari tubuh kita. Bekam bisa menghilangkan pegal selama 1-3 bulan tergantung dari titik, volume darah yang keluar, serta keahlian pembekamnya. Buat yang takut bekam juga bisa coba pijit yang efeknya biasanya cuma 1 minggu.

Senior
Meredakan Kekakuan Otot di Kantor
Work Out Fri, 23 Apr 2010 10:46:00 WIB
Bekerja di kantor, meski kelihatannya tidak menggunakan otot, mudah menyebabkan tubuh kaku dan pegal-pegal. Duduk terlalu lama, bekerja di depan komputer dengan posisi tidak tepat, gampang mendatangkan kelelahan, nyeri, atau pegal di bahu, leher, pinggang, dan lainnya. Apa solusinya? Ikuti gerakan-gerakan peregangan yang praktis ini.”Saya pria, umur 23 tahun, baru saja mulai bekerja di suatu perusahaan. Mungkin karena belum terbiasa duduk di kantor dalam waktu lama, dari pagi sampai sore, diselingi istirahat makan siang satu jam, setiba di rumah, saya sering merasakan tubuh kaku.Pertanyaan saya, apakah tubuh kaku yang saya rasakan ini karena seharian duduk di belakang komputer? Bagaimana cara menghilangkan keluhan ini?

Terima kasih atas bantuan Dokter.”

Didiek, Jakarta

Terlalu lama duduk

Betul, kita akan merasakan seluruh tubuh kaku dan pegal-pegal bila duduk terlalu lama tanpa mengubah posisi badan, seperti yang Anda alami. Untuk mengatasinya, lakukan gerakan-gerakan peregangan di bawah ini agar badan Anda tidak mengalami kekakuan atau pegal-pegal, terutama di leher dan atau bahu.

Lakukan setiap gerakan peregangan selama kurang lebih 10 detik, pada setiap bagian badan yang merasa pegal. Gerakan dilakukan sampai bagian badan terasa teregang dan lakukan pernapasan secara teratur pada waktu melakukan gerakan peregangan tadi.

Gerakan-gerakannya sebagai berikut:

Gerakan 1
Peregangan pda otot-otot bahu dan leher

• Naikkan bahu ke arah telinga sampai terasa tekanan pada bahu dan daerah leher.

• Tahan selama 3-5 detik, kemudian rilekskan bahu ke bawah sampai posisi normal.

• Rasakan seolah-olah bahu menggantung ke bawah.

—————————————————————————————————————————————————————————————
Gerakan 2
Peregangan pada otot bahu samping, lengan atas, bagian belakang, leher.

• Dengan jari-jari teranyam di belakang kepala, usahakan kedua siku lurus ke samping dengan badan bagian atas tegak.

• Tariklah kedua tulang belikat saling mengarah sampai terasa adanya penarikan pada punggung bagian atas dan tulang belikat.

• Tahan selama 5 detik kemudian rileks.

—————————————————————————————————————————————————————————————-
Gerakan 3
Peregangan kedua bahu dan leher.

• Berdirilah atau duduk, kedua lengan menggantung di sisi badan.

• Gerakkan kepala ke samping ke salah satu sisi dulu, kemudian ke sisi lain.

• Kedua bahu tetap rileks ke bawah selama melakukan peregangan.

• Tahan 5 detik pada tiap sisi.

—————————————————————————————————————————————————————————————-

Gerakan 4
Peregangan pada bahu dan leher.

• Dengan menggunakan tangan kanan, secara perlahan tariklah lengan kiri ke bawah dan melintang di belakang punggung.

• Gerakkan kepala ke samping ke arah bahu kanan.

• Tahan selama 10 detik.

• Ulangi untuk sisi yang lain, rileks.

—————————————————————————————————————————————————————————————-
Gerakan 5
Peregangan pada otot trisep (lengan atas belakang), bahu atas, dan samping.

• Peganglah siku kiri dengan tangan kanan.

• Secara perlahan tariklah siku di belakang kepala sampai ada tekanan ringan peregangan terjadi pada bahu atau lengan atas (trisep).

• Tahan peregangan ringan selama 10 detik.

• Jangan terlalu kencang atau menahan napas.

• Lakukan pada kedua sisi tubuh.

—————————————————————————————————————————————————————————————-
Gerakan 6
Peregangan pada pinggang, pinggul samping, dan leher.

• Duduklah dengan kaki kiri dibengkokkan di atas kaki kanan.

• Letakkan tangan kanan di bagian luar dari paha kiri.

• Lakukan penekanan ke arah kanan dengan tangan.

• Waktu melakukan itu, pandanglah ke bahu kiri dan rasakan peregangannya.

• Tahan selama 5-10 detik, kemudian ganti ke arah lain.

• Bernapaslah perlahan-lahan.

—————————————————————————————————————————————————————————————-

Gerakan 7
Peregangan dada dan pinggang.

• Tempatkan kedua tangan tepet di bagian belakang dari pinggul, kedua siku ke belakang.

• Secara perlahan-lahan tekanlah ke depan.

• Secara perlahan-lahan angkatlah tulang dada ke atas sambil menahan peregangan.

• Tahan selama 10-15 detik.

• Bernapaslah dengan mudah.

• Dapat pula dilakukan sambil berdiri.

—————————————————————————————————————————————————————————————-
Gerakan 8
Peregangan paha bagian belakang dan punggung.

• Duduklah, berpeganglah pada bagian atas kaki kiri, tepat di atas dan belakang lutut.

• Secara perlahan-lahan tariklah kaki yang dibengkokkan ke arah dada.

• Tahan selama 10-15 detik.

• Ulangi untuk kaki yang satu lagi.

Oleh:
Dr. Sadoso Sumosardjuno Sp.KO.
Spesialis Kedokteran Olahraga

Sumber: Seniorhttp://cybermed.cbn.net.id/cbprtl/cybermed/detail.aspx?x=Work+Out&y=cybermed|0|0|7|326
About these ads

25 Tanggapan

  1. saya merasa manfaat dari resep mengkudu, maknyus……
    mengkudu memang satu2nya obat alternatif karya maha agung and masya allah….
    alhamdulillah…

    • saya sering kesemutan, setelah saya periksa ke dokter kolesterol saya 247 saya suka rujak mengkudu, supaya cepat sembuh ,mengkudu di campur,apa saja ? apakah ada garam, gula , dan yang lainya , trimakasih banyak atas informasinya

  2. gerakannya bagus

  3. Gerakannya bagus dan mudah di ikuti

  4. bagus

  5. Bekam emang solusi paling bagus, ditambah pola makan yg sehat dan teratur juga cukup istirahat Insya Allah tubuh sehat…

  6. terima kasih banyak atas informasinya mas, dan saya saat ini sedang melakukan peregangan, karena leher saya sulit untuk digerakan dan pundak serta punggung terasa pegal-pegal

  7. alhamdulillah nih pas lihat langsung praktek di ruang kerja (pas jam istirahat nih) gerakan ke-2 uenak tenan rek

  8. KLO BOLEH SARAN PENGOBTATAN ISLAM TAPI KOK GAMBAR BUKA BUKA AURAT MAKASIH !!

  9. Maaf pak Subhan.
    Di sini tulisan ini masuk ke dalam kesehatan. Bukan pengobatan Islam.
    Tapi sebetulnya gerakan untuk sehat itu tak bertentangan dgn agama. Cuma memang bajunya yg terbuka auratnya.
    Hanya memang itulah foto yg saya dapat. Itu pun sudah saya rubah dari berwarna jadi hitam putih agar tak terlalu mencolok.
    Mungkin pak Subhan bisa melakukan gerakan itu dan memfotonya serta dikirim ke sini agar lebih Islami.
    Sebab bagaimana pun gerakan ini bermanfaat bagi kesehatan.

  10. Gerakannya boleh juga saya coba, karna pegal itu ga enak benget rasanya ,trimakasih atas sarannya.

  11. Gerakannya sangat bermanfaat..

  12. manjur,, mantap banget. patut dicoba ni kalo pegel gara-gara kelamaan didepan komputer,,,

    • MAKASI YA PAK……. SAYA JUGA UDAH COBA,,MENDINGAN HASILNYA,,,,tHANK yOU & bEST REGARDS “RENY “

  13. wiiiih..bagus bangett ini sarannya..badan saya yg sekrang pegal” karna parkour jadi kebantu :D

  14. alhamdulillah….. semoga contoh gerakan-gerakan ini bisa mengurangi rasa sakit yang saat ini sedang saya alami….syukron

  15. must once.
    meski udah nalam, duduk d[depan komputer sambil latihan gerakan. otot2 terasa kendor & nyaman banget

  16. bekam itu apa? dan dimana ada pengobatan bekam itu?

    mohon jawabannya. . . .

  17. like banget..

  18. saya merasa enakan setelah nyoba gerakan ini. trims pak

  19. terima kasih atas tipsnya…..

  20. Thanks. gerakan senamnya sgt bermanfaat sekali buat pegal2. Krn saya udah mencobanya. Badan terasa rileks dan sgar kaembali. Saya gak perlu repot2 minum obat lagi. Sekali lg thanks tipsnya.

  21. mantap
    langsung ilank pegel nya :D

  22. kalo pundak pada pegel terus terkadang leher terasa panas dan dada juga terkadang panas. itu gejala dari penyakit apa ?
    bagaimana cara mengobatinya ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 33 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: