Obat Diare dan Buang-buang Air Besar (Mencret)


Saya lihat banyak orang yang sakit diare akhirnya mati karena tidak punya cukup uang untuk berobat. Mereka akhirnya mati karena dehidrasi/kekurangan cairan. Contohnya gadis kecil Khoirunnisa dan nyonya Basse.

Saya sendiri karena sering makan kadang kena diare. Pernah sehari sampai 7 kali buang air besar. Meski oralit dan obat macam Entrostop dimakan, tetap saja tidak mempan.

Akhirnya seorang teman saya, Andri, menyarankan saya untuk minum obat yang namanya Imodium. Obatnya kecil dengan warna putih dan harganya Rp 5.500 (harga bisa berubah) per tablet. Tapi begitu manjur. Sekali minum, alhamdulillah mencretnya berhenti. Ini lebih murah ketimbang ke Dokter yang biayanya bisa mencapai Rp 200 ribu lebih (ongkos dokter Rp 50 ribu dan obat bisa Rp 150 ribu lebih).

Tapi ada juga yang bermasalah dan ternyata setelah saya telusuri berbagai artikel kesehatan dan kedokteran di internet saya menarik kesimpulan sebagai berikut. Pertama dosis obat Imodium itu begitu kuat. Kedua, obat imodium itu fungsinya membuat ”mampet”. Jadi kalau kita diare karena keracunan makanan, racun jadi tidak bisa keluar. Inilah yang membuat Imodium jadi berbahaya.

Tapi dibanding dengan ancaman kematian yang dihadapi jika diare tidak diobati, tentu resiko minum obat Imodium lebih kecil dan pantas untuk dicoba dengan melakukan langkah sebagai berikut.

Pertama kurangi dosis Imodium. Jadi orang dewasa dengan berat sekitar 60 kg, cukup minum setengah tablet saja. Jangan 1 tablet penuh. Kalau berat 30 kg, berarti separuhnya lagi yaitu ¼. Sedang anak-anak umur 2-5 tahun cukup 1/8-1/6. Saya pernah mencoba obat Imodium pada anak saya yang berumur 2 tahun dengan dosis 1/8, alhamdulillah berhasil dengan baik. Imodium juga saya berikan kepada anak saya yang berumur 5 tahun, istri saya, dan saya sendiri jika sakit diare.

Biasanya dalam 2 jam mencret berhenti. Jika masih mencret juga, coba minum dengan dosis yang sama sekali lagi dengan jarak waktu 6 jam setelah minum Imodium pertama kali. Jika tidak sembuh juga, berarti anda harus ke dokter.

Yang kedua, ketika kita diare/mencret, JANGAN LANGSUNG MINUM IMODIUM. Biarkanlah kotoran/kuman/racun di perut kita yang mengakibatkan kita kena diare keluar dulu. Setelah 2-3 kali buang air besar, baru kita minum Imodium. Ini untuk memastikan agar kuman/racunnya sudah keluar dari tubuh kita.

Akan lebih baik lagi jika kita minum 6-10 butir Norit/karbon aktif. Jangan khawatir “overdosis” karena Norit bukan obat. Tapi fungsinya lebih sebagai penyerap kuman/racun yang ada di cairan lambung kita. Nanti akan keluar sendiri kita kita buang air.

Ketiga, untuk mencegah dehidrasi karena banyak cairan yang keluar, minumlah oralit yang bisa dibeli di apotik. Jika tidak ada bisa air kelapa, air putih yang diberi 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh gula, atau minuman Isotonik seperti Pocari Sweat jika lambung kita kuat. Agar badan tetap kuat, coba minum madu asli dan sari kurma sebanyak @ 2 sendok makan setiap 2-3 jam.

Kelima, coba tetap makan seperti biasa agar kondisi tubuh tetap sehat. Jika ada madu asli (sebab banyak ”madu” tapi isinya cuma air dengan gula merah), minumlah 2 sendok makan 3 kali sehari. Madu mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga anda tetap kuat karena energi terpenuhi.

Demikian pengalaman saya. Namun kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda. Anda bisa mengikuti tindakan yang saya lakukan. Namun anda yang tahu apakah obat itu cocok atau tidak dengan anda. Jika hasilnya tidak sesuai perkiraan anda, lebih baik anda ke dokter saja.

Alternatif lain tapi saya belum coba atau efeknya kurang begitu mantap: makan daun jambu biji/klutuk atau buahnya, entrostop, atau diapet.

Untuk menghindari diare:

1. Hindari pola makan yg aneh/kurang sehat misalnya terlalu asam, pedas, kacang2an, dsb

2. Hindari pola hidup yg kurang baik misalnya duduk di lantai yg dingin, pakai kipas angin, atau terkena angin saat naik motor.

About these ads

93 Tanggapan

  1. Mungkin boleh dicoba :
    1. Habbatussauda 1-2 tablet ( di keluarga saya kalo ada permasalahan dengan perut dan fisik kesehatan menggunakan habbatussauda ).
    2. Minum Madu yang dicampur dengan bubuk kayu manis (lihat internet banyak artikel yang mengungkapkan kedua hal tersebut).

    Semoga bermanfaat.

    wassalam / agus rasidi

  2. Ya saya sedikit terlambat………soalnya tadi malam atas saran tmn saya yg dokter saya minum imodium 1 butir, paginya saya minum lagi. ternyata overdosis ya??? pagi ini badan sy terasa gk enak (pusing & pegal2) kira2 ada hubungannya gk ya??

  3. Mungkin saja.
    Sebab ada juga orang yang sensitif dan kena overdosis imodium karena makan 1 pil obat tersebut sehingga ada yang menyebut imodium berbahaya.

  4. ya sy akan coba beli imodium.
    soalnya udah 3 hari perut mules2.
    pingin kebelakang terus nich….
    mudah2mudahan cepet sembuh ..

    • hati2 kena wasur atau ambeien karena terlalu banyak tekanan pada usus besar

  5. coba dech tak coba,moga ja co2x………. soal na dah dr dokter dpt obat pi kok lom smbh jg

  6. thanks ya.. kebetulan lagi sakit diare nih..

  7. saya udah mencret hampir seminggu,tapi blm sembuh.trs saya ke apotek beli imodium 4 tablet.saya belinya malam.mlm iti juga aq minum 1 tablet, abis sarapan pagi aq minum lagi 1 tablet.apakah saya bisa overdosis?

  8. @yuli. Kalau berat kurang dari 70 kg, sebaiknya cukup separuh imodiumnya agar tidak terjadi efek samping.

    Tapi jika bu Yuli tidak merasakan efek sampingnya, berarti belum overdosis. Cuma sebaiknya sekali minum cukup separuh.

    Hindari makanan yang pedas/berbumbu tajam agar kita tidak sakit perut.

  9. saya kena mencret2 hampir 2 bulan..obat dari dokter belum menunjukan adanya perubahan..saya coba pake yg alami,seperti daun jambu biji dan buahnya yg msh muda,tapi hasilnya nihil. apakah imodium sangat aman dikonsumsi ?? tolong sarannya segera

  10. @Iie: saya, istri, bahkan anak saya yang berumur 4 tahun (kalau ini dosisnya 1/6-1/8) pernah mencobanya. Alhamdulillah aman.

    Namun dosisnya harus diperhatikan. Jika berat badan anda hanya sekitar 50 kg, coba imodium 1/3 (bagi 3) dulu. Memang imodium kecil, tapi dosisnya sangat kuat.

    Nanti jika 4-6 jam belum ada efeknya, anda bisa minum lagi separuh.

    Perbanyaklah minum air/oralit/pocari sweat agar anda tidak dehidrasi. Minum madu dan jus korma jika perlu agar tubuh anda tetap kuat.

    Perbaiki pola makan anda. Jangan makan yang pedas atau bumbu kacang/santan apalagi mie instan.

    Jika setelah 3 x makan imodium belum pulih juga, sebaiknya anda ke dokter ahli.

  11. anak saya mencret,mulai hari kamis sampe sekarang belum mampet padahal sudah kedokter,malah obatnya sudah hampir habis,tp mencretnya tetep,immodium aman gak aklo aku kasih ke anakku

  12. @Linda: masalah aman/tidak aman relatif tergantung kondisi anak kita. Yang jelas saya pernah memberi imodium kepada anak saya (Irfan 4 tahun) 1/6 tablet (satu tablet dibagi 6), alhamdulillah mencretnya berhenti. Saya juga memberikannya kepada kakaknya Hana (7 tahun) ketika diare.

  13. Saya kok minum imodium ga sembuh ngengek aja terus gmn ya?

  14. @jun1or: untuk orang dewasa (berat di atas 40 kg) dosis 1/2 (setengah tablet). Jika dalam 4-6 jam masih buang air, boleh diminum lagi (selang 4-6 jam). Kalau 3 kali minum belum sembuh juga, segeralah ke dokter ahli/puskesmas/rumah sakit.

    Agar lebih manjur padukan pengobatan dgn meminum oralit/pocari sweat dan juga minum norit.

    Hindari makanan yang pedas, bumbu kacang, berkuah, dan asam (jeruk, soto, ketoprak, sb).

    • kalau yang bab sikecil usia 6 bulan berat badan 8 kg gmana..dosisnya..gmana caranya memadukan dengan norit.

      • Saya baru memberi anak imodium pada umur 2 tahun. Kalau 6 bulan kecil banget ya. Kalau punya uang, sebaiknya ke dokter anak/puskesmas.

        Yang jelas untuk berat 50 kg bisa minum imodium 1/2 tablet. Jadi kalau 8 kg itu sekitar 1/5 dari 1/2 atau 1/10 tablet. Jadi yang sudah dibelah dua, dibagi lagi 5 bagian sama rata jadi 1/10. Kalau tak mempan, 2-3 jam berikutnya diberikan. Maksimal 3x. Setelah itu mau tidak mau harus ke RS jika tak bisa sembuh.

        Cuma itu resiko tanggung sendiri dan sebaiknya pergi ke dokter saja mengingat saya pribadi cuma pengalaman mengobati anak pada umur 2 tahun.

  15. kebetulan pengen kebelakang trus…cuma minum pocarisweat….agak takut minum obat…apa diare itu salah satu virus…sebabnya…yg pertama mencret itu anak…dia sembuh pindah ke istri…trus sekarang malah aku yg kena…mohon pencerahannya

  16. Penyebab diare macam2. Bisa karena makanan yang dimakan bareng ternyata mengandung virus/bakteri, sehingga akhirnya kena semua meski tidak persis bareng karena daya tahan tubuh yang masing2 berbeda2.

    http://www.medicastore.com/diare/penyebab_diare.htm

    Secara umum, berikut ini beberapa penyebab diare, yaitu:

    1. Infeksi oleh bakteri, virus atau parasit.
    2. Alergi terhadap makanan atau obat tertentu.
    3. Infeksi oleh bakteri atau virus yang menyertai penyakit lain seperti: Campak, Infeksi telinga, Infeksi tenggorokan, Malaria, dll.
    4. Pemanis buatan

    • Gw kena pnyakit diare krn kbanyakan susu kental manis (cap enak) yg dicampurkan ke jus stroberi, kbetulan gulanya abis. Dah 3hr ni mencret2

  17. Duh diare lbh dr 20x sehari,sakit bgt perutku

  18. http://www.mail-archive.com/mediacare@yahoogroups.com/msg13023.html

    hati2 dalam penggunaan imodium, dicoba dulu solusi tradisional. lebih lambat efeknya namun relatif lebih aman!

  19. @Putra: Kalau 20x pasti lemas karena kurang cairan. Sepupu saya sampai opname 4 hari di satu rumah sakit ternama dengan biaya Rp 20 juta lebih gara mencret doang…:)

    Menurut dia kemungkinan karena salah makan ikan yang kurang bersih di satu rumah makan.

    Oleh karena itu tetaplah mengkonsumsi cairan entah itu Pocari Sweat atau Jus jambu, jus kurma, dsb.

  20. saya diare 3 hari….perna sehari ampe 10x dan kmaren berangsur berkurang ..tapi ni hari perut sakit mules banget dan pas BAB kok dsertai darah…apa immodium bisa sy konsumsi ya di kasus saya?

    • mungkin anda terkena ambeien atau wasir karena tanda tandanya berak disertai darah dan cirit birit baik anda pergi kedokter

  21. @Tya: sebelumnya saya ingatkan bahwa tulisan dan rekomendasi saya adalah berdasarkan pengalaman saya. Kondisi tubuh saya dan anda mungkin berbeda. Jadi segala keputusan yang anda ambil adalah tanggungjawab anda sendiri (kalau menuntut saya kasihan dong sudah gratis masih dituntut…:)

    Saya pribadi beberapa kali setelah diare bab berdarah. Tapi sepertinya itu bukan pendarahan dalam/dari usus. Tapi dari anus yang lecet karena gesekan. Mungkin karena kotorannya mungkin pula dari cebok.

    Saya pribadi tetap meminum imodium 1/2 (setengah tablet). Jadi tablet yang kecil itu anda gunting 2 lagi agar tidak overdosis.

    Jangan lupa banyak minum oralit/pocari sweat / jus jambu, dsb agar tubuh anda tidak lemas karena kurang cairan.

    Sepupu saya diare 20x akhirnya opname 4 hari dan habis uang rp 20 juta lebih untuk satu RS di Kemayoran.

  22. sorry rada OOT ,
    tp barusan gw dapet yg keq ginian negh . .

    org meninggal gara2 minum imodium ..

    liat deh

    http://bluejack.binus.ac.id/042/viewtopic.php?t=279&sid=548900ed97856833fde8407ab10f7429

  23. @Ciel: terimakasih atas infonya. Ini mengingatkan kita semua, terutama orang tua, untuk berhati2 dalam meminum obat Imodium karena dosisnya sangat kuat. Oleh karena itu bagi yang kuat/cocok, saya menyarankan untuk minum hanya separuh saja (dibagi 2) dan diminum setelah BAB 2-3 kali. Jangan minum 1 pil sekaligus.

    Sebaliknya jika tidak minum dan terus diare juga resikonya ada: kematian. Jadi ibarat buah simalakama. Sebagai contoh ibu yang meninggal itu sudah 8x BAB. Itu sudah cukup membuat lemas/kematian apalagi bagi manula.

    Alasan dokter yang menyatakan bakteri masih ada (meski sudah 8x BAB), sehingga harus dikeluarkan lagi, jika dengan BAB lagi tentu bisa berakibat fatal.

    Cuma ya keputusan terserah kepada anda semua. Saya pribadi dan keluarga alhamdulillah sejauh ini cocok-cocok saja.

  24. Buat kucing bs g yaw..cz meongq diare trz dmn2..
    Uda ak ksih obat mcm2 gsmbuh2 jg. Ksian liatx.

  25. sy udah 1 minggu diare sy menyusui apa gak bahaya minum imodium Balas

  26. @ninil: maaf tidak bisa jawab sebab belum pernah mentes pada ibu hamil…

  27. gra2 mknan pdang,,prutq mncret.tpi q gak suka mi2 obat,,tk coba mnum yakult dlu ja…gmn hsilnya bsok tk ksih taw….

  28. Saya heran akhir2 ini perut saya kalau masuk angin selalu mencret2, ngga biasanya seperti itu, apa berpengaruh dengan angin a racun/bakteri? namun kalau sudah anginnya keluar dan tidak kembung bab saya normal !

  29. @ronald itu bukan masuk angin mas, tapi bakteri atau penyakit yang bersarang diperut anda. kalo tuh penyakit dikeluarin ya jelas normal. :)

  30. Saya mempunyai keponakan berumur sktr 4 tahun, sering mengalami diare/mencret. Kata dokter disebabkan oleh alergi susu dan telur. apakah imodium bisa menghilangkan diare juga alerginya tersebut? mohon info nya.

    • minum clorofil k-link aja, sudah 2juta orang minum itu.. pasti sebuh.. pls kandungan fitaminnya setiap 1 sendok makan setara 1 kg sayuran.. mantebkan!!! Udah teruji di lab fakultas farmasi UI. HARGANYA 140 RB untuk 100 x minum. murah kan!! HUBUNGI SAYA DI 02197348643

  31. Kalau imodium itu cuma menghilangkan diare. Itu pun untuk anak kecil harus dibagi 6 atau 8 agar tidak overdosis/berbahaya. Jangan terlalu sering minum imodium. Jika 2x minum tidak mempan, segera ke dokter. Hindari faktor alerginya.

    Sebaiknya diperiksa dia alergi thd apa. Jika alergi laktosa, coba cari susu yang rendah kadar laktosanya. Jika alergi susu sapi, cari susu kedelai. Ibu harus benar2 teliti mengamati apa yang menjadi alergen keponakan anda.

  32. aduh..saya minum sampe 2 pil tadi malam..itu mah gara gara saran pak mantri di kampong kami..soalya udah 3 hari mencret ..gimna ya? apa saya bisa over dosis? tapi ampaknya mencretnya udah kurang…

  33. kalo BAB keluar air..??tu bisa sembuh ngak minum immodium..??ato cukup klorophil aja…??
    Berat saya 55 kg..berapa ya ukuran dosis bwt saya??

    • Kalau berat 55 kg, imodium cukup separuh saja.
      Alhamdulillah untuk diare/mencret berhasil buat saya.
      Jangan lupa tetap banyak minum seperti air kelapa/oralit agar tidak kekurangan cairan/dehidrasi. Minum madu/jus kurma lebih baik lagi agar tubuh tidak lemas.

  34. anak sy lg mencret sdh hampir seminggu,sdh be dokter tp blm ada perubahan.sy mau ksh imodium tp ragu,takut berbahaya,mslhnya ank baru usia 2thn,kira’ efek sampingnya apa ya?thx………

  35. bro saya udah 3 hari mencrettt baru hari ke 3 nya saya bli imodium atas saran papa saya, . . . . yah ini lagi menunggu perkembangan . . cman skreg masi terasa ada krucuk” di perut kyk mules gtu . . . . apakah meminum air es diperbolehkan? . . kata nenek saya gk bole minum air es selama sakit, . . . apakah meminum larutan seprti pocari sweat tdk berbahaya bagi perut, mengingat rasanya agak kecut ?

  36. assalammualaikum wr wb
    dalam waktu 2hari saya ga buang air besar kenapa ya….

  37. @dimas: sebaiknya minum air biasa. Air kelapa lebih baik lagi.
    Buat yang lambungnya kuat/tidak berpenyakit maag, Pocari Sweat sangat bagus. Tapi jika tidak kuat/maag, jangan.

    @Adjid: mungkin kurang minum/cairan dan jarang makan buah2an.
    Kalau seperti itu coba banyak minum. Jika perlu makan makanan yang berkuah seperti soto. Bisa juga ditambah jeruk nipis dan sambal agar bisa BAB meski resikonya mencret. Jadi jangan terlalu asam dan pedas.
    Perbanyak makan buah seperti pepaya, melon, atau jus jambu biji.

    Kalau bisa minum kapsul minyak habbatus saudah 3 kapsul/hari lebih baik. Jika tidak mempan, bisa minum obat herbal Pelawas dari HPA>

  38. jadi bagaimana,, saya jadi takut ibu saya memakan nya di karenakan komentar-komentar yg saya baca…
    TOLONG berikan pencerahan kepada saya,, Tolong sekali karena ibu saya dan ayah saya sedang dalam perjalanan membeli Obat itu (Imodium) !

  39. Insya Allah tidak masalah. Yang penting:
    1. Pastikan bahwa minimal sudah 3x bab mencret/cair
    2. Untuk ayah minum 1/2 saja (bagi 2) sedang ibu cukup 1/3. Kalau 1 pil penuh meski kecil sangat berbahaya karena dosis imodium sangat keras.
    3. Perbanyak minum (oralit/air kelapa) dan juga makan terus dipaksakan.
    4. Minum madu dan sari kurma 2 sdm setiap 2-3 jam sekali.

  40. sy sdh 3 hr diare sy mnm new diatab+ tetrasiklin tp kok blm sembuh

  41. Makanya saya menyarankan minum imodium. Sebab obat yg lain kadang tidak mempan kalau penyakit diarenya bandel. Cukup separuh saja minumnya agar tidak overdosis dan malah tambah sakit.

  42. Oya kalo Mencret karena masuk angin Bisa gitu juga ya ???

    Maksih Buat Informasinya, ,

  43. Iya. “Masuk angin” bisa juga membuat diare.

  44. pagi mas, salam kenal for all by habib

  45. diare memang merepotkan, bisa buat kita lemes dan gak leluasa beraktifitas..

  46. Mas, klo imodium itu diminumnya sebelum / sesudah makan ?
    Terima kasih

    • Sebaiknya sesudah makan

  47. Tolong intinya segera… Kl menu makanan org mencret apa ya?untuk org dewasa… Makasih sebelumnya….

    • Tetap banyak minum.
      Makan bubur/nasi dan telor asin bisa. Asal jgn pedas/asam.
      Kalau ada salak juga bagus untuk bikin mampet.

  48. boleh neh dipraktekkan, kebetukan ud kena diare dari hari selasa sampe skrg blom beres2 juga..:(

  49. anak saya kenak cacar air. Beratnya 15 kg. Setelah minum obat dari dokter di hari ke 3 anak saya mencret2. Apa ya yang hrs saya kasih obat. Pergi ke dokter atau gi mana!

  50. Kalau dikasih obat juga harus hati2. Untuk berat 15 kg, imodium itu dibagi 8. Kecil sekali.
    Bisa diberi 1/8 lagi setelah 2 jam dan setelah makan jika masih mencret. Jika masih berlanjut, hubungi dokter.

  51. thx brow….

  52. istri ma ank sy dh 3hari mncret…istri sy bbtx 60&ank sy bbtx 40..imodiumx dibg brp ya??ts pnjlsnx trim…

    • Istri anda 1/2 dan anak 1/3.
      Tunggu 3 x mencret dulu, baru diminum.
      Minum banyak air, madu, dan kurma/makanan lain yg baik.
      Jika masih mencret juga, 2-3 jam kemudian bisa minum dgn dosis serupa.
      Jika masih berlanjut, hubungi dokter.

  53. Assalamu ‘alaikum..
    Anak saya laki-laki 10 tahun, berat 48kg hampir tiap BAB selalu mencret seperti bubur, kadang sehari bisa 3x bahkan kadang lebih. tapi katanya tidak mules. saya jarang sekali memberikan obat mencret paling juga tolak angin dan tidak sembuh. saya pernah memberikan obat mencret dan sembuh tetapi beberapa hari kemudian mencret lagi. Apakah berbahaya jika tidak diobati.

    terima kasih

  54. anak saya umur 2 tahun lebih 4 bulan beratnya bbrp hari lalu 10kg, belum lama kena bab (mencret2), sudah dibawa kedokter bbrp hari sembuh tetapi kambuh lagi & ini sudah ketiga kalinya, sekarang saya enggan membawanya ke dokter krn sudah pasti dapat obat yg sama + antibiotik, yang ingin saya tanyakan apakah imodium aman buat anak saya, karena daya tahan tubuh anak saya kurang bagus & agak susah makan.
    mohon infonya segera.

    terima kasih

  55. SAYA MENGALAMI BUANG2 AIR SUDAH LAMA DAN BELUM SEMBUH JUGA HINGGA SEKARANG. PERNAH SAMPAI DI RAWAT DI RUMAH SAKIT TAPI BLUM MEMBUAH KAN HASIL JUGA SAMPAI SEKARANG. APAKAH BUANG2 AIR MEMANG LAMA SEMBUH NYA??? SUDAH HAMPIR 4 BULAN SAYA TERSIKSA GARA2 BUANGT AIR TERUS. K DOKTER LAGI SAYA TAKUT KARNA OBAT NYA MENGANDUNG BAHAN KIMIA. SEKARANG SAYA BERALIH K PENGOBATAN ALTERNATIF. MOHON DOA DARI PEMBACA YG BUDIMAN AGAR SAYA CEPAT SEMBUH DARI PENYAKIT SAYA INI.. AMINN…

  56. Coba minum madu asli, misalnya Al Shifa 3x 2 sendok makan sehari.
    Hindari makanan yg asem dan pedas dan juga makanan/minuman kimiawi (mis: soda/coca cola).
    Minum air kelapa ijo atau air kelapa muda.

  57. Swami sy sensitif mencret tiap kembung,makan pedes,kadang makanan brsantan.kenapa demikian ya

  58. anak saya umur 18 blan diare gak smbuh2,di bwa ke mantri di desaku,jg msh g da hasilnya. . .Trima ksih infonya mau tk cba imodiumnya smoga cocok!

  59. aduhh saya sudah hampir 3 minggu diare.
    saya gak kuat. umur saya 19 th berat 67 kg. apa yang harus saya lakukan? terimakasih
    sudH minum obt beli diwarung tapi tak mampang

  60. Assalamualaikum
    permisi,saya mau tanya
    saya diare 2 hari
    minum Diapet+daun jambu
    langsung sembuh
    lalu seminggu kemudian
    saya Diare lagi
    karena pola makan yang kurang diperhatikan
    sekarang,saya BAB udah 7kali
    pas ke 3kali,BAB nya berdarah
    bagaimana solusinya ?

  61. oOm… kalau buat orang tua yg ada diabet gimana?
    apa minum madu atau sari kurma tidak berbahaya? lalu bagaimana dengan dosisnya dari IMODIUM?
    Orang Tua saya (IBU) sudah berusia 70thn

    tolong di bantu Pecerahannya segera…

    Thx

  62. saya sudah 3 kali (BAB).yang keluar cairan dan gas…kira-kira obatnya apa yah????

  63. Saya masih mencoba obatnya semoga manjur

  64. obat bab ada gk ditoko

  65. aslkm,mas saya kena diare kira2 bs sembuh ngk setelah minum madu dan bubuk kayu manis

  66. Mksh infox,brguna bgt nih..! :D

  67. Ka begini,saya buang2 air terus menerus, 1 hhari saya buang2 air,bsk nya tdk,bsk nya buang2 air lgi,besok nya tdk,sudah 3 kali terjadi,ada nasehatnya kah om?

  68. trimakasih,saya sedang meng-ingat2 obat yg pernah saya minum,obat ini ampuh sekali buat ngobatin buang2 air/mencret yang disertai menggigil. Saya skrg kena sakit itu lagi, di infuse dah abis 4,sebab tensi drop karena dehidrasi.

  69. Mau tny nih anak sy umur 5thn berat bdn 23kg lg skt mencret uda ad 4hran in,sy ksh imodium kok gk mempan yah,bingung enaknya diksh ap?biar mampet gt,mknan ak ksh telur asin jg gt tp pumpnya bkn berwrn hijau/htm tp kuning.krn setau sy kl wrn hijau itu berarti ad bakteri.lgan mkn en mnm susunya jg susah,br mkn dikit udah mau muntah.gimn yah ap perlu mnm imodium tiap 6jm.krn sy sdh prnh ksh imodium 1x gk mempan mlh msh mencret smpk skrg.tlg secptnya sarannya.bingung in,makasih

    • Kalau berat 23 kg, berarti Imodium dibagi 4 atau 5 (1/4 atau 1/5). Jika masih mencret, bisa diberikan setiap 2 jam hingga 3x. Setelah itu Imodiumnya dihentikan dan bawa saja ke dokter atau Puskesmas jika masih mencret.
      Beri banyak air minum/oralit agar tidak dehidrasi.
      Untuk kebanyakan kasus mencret, dalam 2-3 jam Imodium sudah bisa memberi hasil yg memuaskan.
      Namun jika dalam 6 jam masih diare, lekas bawa ke dokter/RS agar tidak terlambat.
      Sekali lagi, jika Imodium sudah diberikan 3x dan tak mempan juga, bawa ke dokter/puskesmas.

      • kang ane lagi buang” air trus ni, yang keluarnya cuma air + sdkit kotorannya aja.. udah 2 hari ni begini terus.. awalnya saya kira cuma masuk angin, apa saya diare? mohon pencerahannya terimakasih

  70. boleh tidak imodium dikonsumsi oleh ibu menyusui ?

  71. mendingan diatab aja pak… Murah berkhasiat. Ga perlu pake aturan ribet nunngu keluar dlu…

  72. saya hampir setiap hari buuang air besar erkali2, bahkan pernah sampai 10 x. hal ini sudah saya alami bertahun2. saya sudah mencoba berbagai macam obat dari yang tardisional (daun jambu biji, buah pisang isi, akat pisang, arang dan alang2) dan juga obat ( inamid, diapet, imodium, entrostop, dll) tapi belum juga sembuh,.. kalau saya mau berpergian mesti BAB dulu, sungguh itu membuuat aktivitas saya kadang terganggu. mohon solusinya?

  73. Harusnya konsultasi langsung ke dokter, jadi bisa diperiksa langsung.
    Dari jauh ini saya cuma memberi saran/masukan:
    1. Hindari pola makan yg aneh/kurang sehat misalnya terlalu asam, pedas, kacang2an, dsb
    2. Hindari pola hidup yg kurang baik misalnya duduk di lantai yg dingin, pakai kipas angin, atau terkena angin saat naik motor.

    Jika masih bermasalah, mungkin ada gangguan lambung/usus. Itu sudah porsinya RS/Dokter… :)

  74. sya 20tahun sy lgi diare, akhir2 ini sya kbanyakan minum soda kaya coca cola, fanta, sprite, shari smpe 2botol mngkin. apa itu slh 1 pnyebab diare? Slain immodium apa ada obat lain?

  75. dear penulis, saya membaca ini, “Akan lebih baik lagi jika kita minum 6-10 butir Norit/karbon aktif. Jangan khawatir “overdosis” karena Norit bukan obat. Tapi fungsinya lebih sebagai penyerap kuman/racun yang ada di cairan lambung kita. Nanti akan keluar sendiri kita kita buang air.”
    kondisi saya, kemungkinan masuk angin atau salah makan,
    saat BAB keluar cairan dan hanya sedikit kotoran.. tapi sehari bisa 4-5x…kemaren sudah minum imodium 2x..
    pertanyaan saya, bisa Norit/karbon aktif membantu kondisi saya..??
    dimana saya bisa mendapatkan norit/karbon aktif..??
    terima kasih

  76. Norit dijual bebas di Apotik / Toko Obat

  77. ass .
    sya dh bberapa hri buang2 air truz ,udh coba mnum entrostop ,mkan pepaya n taypinsan ga mempan .
    slain obt imodium ,ad obt yg aman n tradisional ga unk nyembuhin skit sya ,thankz

  78. buat penulis, anda terlalu berani memberikan imodium pada anak2 anda yg masih 2 tahun. anak usia 2 tahun kebawah fungsi hatinya belum optimal utk menguraikan obat ini, ini berbahaya . di Inggris sendiri obat ini dilarang diberikan pada anak dibawah usia <4 tahun.

    @mbak Indah, diare makan pepaya? tambah lancar mbak……. wong pepaya obat utk sembelit…. btw, saat diare, jangan mengkonsumsi sayuran….

  79. Imodium tidak dianjurkan…imodium bisa menyebabkan ileus paraliticus,usus berlipat..efeknya justru sangat berbahaya,sebaiknya imodium diminum atas resep dokter,jgn beli obat sndiri krna efek sampingnya yg begitu berbahaya…

  80. Imodium itu sama berbahayanya baik dgn resep dokter atau pun diminum sendiri. Jadi harus hati2.
    Jika ada uang lebih, ke dokter saja dulu. Jika tidak, tetap harus berobat karena diare itu penyakit mematikan. Istilah orang dulu, diare/muntaber itu penyakit yang pagi sakit, sore meninggal. Sore sakit, pagi meninggal.
    Saya pribadi karena uang pas2an, ya langsung minum imodium dgn beberapa persyaratan yg cukup misalnya setelah 3x bab baru minum, meski berat 70 kg tetap minum 1/2 tablet, setelah bab lagi baru minum 1/2nya, tetap minum banyak air dan makan, dst.
    Alhamdulillah bertahun2 minum imodium (tulisan ini saja tahun 2008) masih sehat… :)
    Anak saya yg pernah diberi minum imodium pada umur 2 tahun (1/8 tablet) alhamdulillah sekarang umurnya 12 tahun dan sehat. Mudah2an sehat terus. Seumur hidupnya mungkin cuma 2x dia minum imodium. Yang penting tetap banyak minum dan makan. Sehingga obatnya juga tawar dan keluar sendiri lewat buang air.

  81. saya dari jasa sedot wc atau tinja di kota surabaya 03170096244 / 081515190054 INDAH JAYA mengucapkan terimakasih atas infonya. brg kli anak buah say dalam melakukan tugas dalam menangani wc mampet terkena diare bisa menbaca artikel ini. trims infonya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: